10 Skills Utama Marketing yang Dimiliki oleh Seorang Marketer

  1. Home
  2. »
  3. Bisnis
  4. »
  5. 10 Skills Utama Marketing yang Dimiliki oleh Seorang Marketer
10 Skills Utama Marketing yang Dimiliki oleh Seorang Marketer

Keterampilan pemasaran berikut ini dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin menjadi seorang ahli pemasaran. Mari, kuasai 10 skills utama marketing berikut agar dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan dan bekerja di perusahaan favorit.

Memilih jurusan pemasaran atau bercita-cita menjadi ahli di bidang pemasaran tentu memerlukan sejumlah keterampilan tertentu. Hal ini karena di dunia pemasaran, persaingan begitu ketat. Oleh karena itu, seorang pemasar atau ahli di bidang pemasaran harus senantiasa meningkatkan keterampilannya.

5 Keterampilan Teknis di Bidang Pemasaran (Hard Skills)

5 Keterampilan Teknis di Bidang Pemasaran (Hard Skills)

Keterampilan Analisis Pasar

Pekerjaan dasar seorang pemasar adalah menganalisis pasar. Tanpa pemahaman mendalam terhadap pasar, termasuk pasar digital, Anda tidak akan memahami calon pembeli dan pesaing. Saat ini, berbagai alat dan teknologi digital dapat digunakan untuk menganalisis pasar, memberikan data tentang pembeli dan pesaing, bahkan perilaku keputusan pembelian.

Keterampilan Melakukan Riset

Kebiasaan masyarakat atau calon konsumen dapat diukur. Oleh karena itu, keterampilan melakukan riset adalah hal yang sangat penting di bidang pemasaran. Dengan riset yang tepat, seorang pemasar dapat membuat keputusan yang lebih baik.

Baca juga:   Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Lebih Efisien

Keterampilan Memahami Pengalaman Pelanggan

Pahami pengalaman pengguna atau customer experience. Ini melibatkan customer journey, user interaction, dan user experience. Ketiga sesi ini memegang peranan besar terhadap keberhasilan bisnis. Tools dan perangkat lunak digital dapat membantu memahami dan mengelola ketiga aspek ini.

Keterampilan Storytelling

Dalam era sekarang, cara promosi telah berubah. Dengan maraknya pemasaran online atau digital, promosi dilakukan dengan cara yang kreatif. Skills storytelling tetap mempertahankan promosi, baik melalui video, foto, maupun tulisan. Tujuannya adalah menciptakan kedekatan dengan calon pelanggan, membangun kepercayaan, dan mendorong keputusan pembelian.

Keterampilan Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau pemasaran secara digital menjadi skills utama marketing bagi seorang marketer. Pemasaran online melalui platform seperti media sosial saat ini sangat efektif untuk pemasaran dan branding. Namun, strategi pemasaran digital yang tepat diperlukan karena pelanggan di media sosial memiliki karakteristik yang berbeda dengan pelanggan di dunia nyata.

Baca juga:   Jasa All Sosmed: Pengertian, Manfaat dan Layanannya

5 Keterampilan Lunak di Bidang Pemasaran (Soft Skills)

5 Keterampilan Lunak di Bidang Pemasaran (Soft Skills)

Keterampilan Kreativitas (Creativity)

Kreativitas sangat diperlukan dalam pemasaran karena industri ini sering kali terkait dengan kebutuhan ide kreatif untuk kampanye atau iklan. Kreativitas tinggi memungkinkan Anda menghasilkan ide brilian untuk kampanye yang mendapatkan respon positif dari audiens.

Keterampilan Adaptasi (Adaptation)

Kemampuan beradaptasi sangat penting di dunia pemasaran yang terus berubah. Seorang pemasar harus bisa mengikuti perkembangan dan tren pasar yang cepat berubah, serta beradaptasi dengan kebutuhan klien yang beragam.

Keterampilan Kolaborasi (Collaboration)

Pemasaran melibatkan berbagai tim untuk berbagai tujuan. Kolaborasi di dalam tim marketing dan kerja sama dengan tim di luar divisi marketing diperlukan. Ini melibatkan kerja sama dengan berbagai pihak seperti tokoh, influencer, dan tim lain yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.

Baca juga:   Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Properti

Keterampilan Manajemen Waktu (Time Management)

Di dunia pemasaran, Anda akan terlibat dalam beberapa proyek sekaligus, masing-masing dengan deadline yang berbeda. Manajemen waktu yang baik diperlukan untuk mengelola aktivitas seperti brainstorming, eksekusi iklan, evaluasi, dan pelaporan.

Keterampilan Kepemimpinan (Leadership)

Keterampilan kepemimpinan sangat penting jika Anda memiliki tim marketing yang besar. Mengatur individu di dalam tim, membagi tugas, dan mengawasi kinerja semua tim merupakan bagian dari kepemimpinan yang efektif.

Penutup

Memilih jurusan atau karir di bidang pemasaran adalah langkah yang tepat jika Anda memiliki minat dalam dunia kreatif yang penuh inovasi dan tantangan. Untuk berhasil dalam industri ini, Anda perlu menguasai berbagai keterampilan, baik teknis maupun lunak, sebagaimana telah dijelaskan di atas. Pelajari dan kuasai keterampilan ini untuk meraih kesuksesan dalam karir pemasaran Anda.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi