OOH adalah: Out of Home Advertising dan Ketahui Contohnya

  1. Home
  2. »
  3. Bisnis
  4. »
  5. OOH adalah: Out of Home Advertising dan Ketahui Contohnya
OOH adalah_ Out of Home Advertising dan Ketahui Contohnya

Saat melangkahkan kaki di jalanan, kita sering dihadapkan dengan sejumlah papan iklan yang tersebar di lokasi-lokasi tertentu. Umumnya, papan iklan lebih sering ditemui di titik-titik ramai atau di tepi jalan perkotaan. Ternyata, papan iklan yang sering kita temui tersebut merupakan salah satu contoh dari praktek iklan OOH. Meskipun dunia telah beralih ke tren beriklan online melalui media digital, jenis iklan ini masih efektif menarik perhatian calon konsumen.

Apa Itu OOH Advertising?

OOH Advertising adalah bentuk media iklan luar ruangan yang menargetkan orang-orang yang berada di luar rumah. Umumnya, OOH atau Out of Home Advertising lebih sering ditemukan di area dengan tingkat keramaian tinggi, seperti halte, pinggiran jalan raya, bandara, area transit, stadion, bioskop, dan area publik lainnya.

Meskipun terdengar sebagai metode yang memakan banyak anggaran dan mungkin terkesan ketinggalan zaman, OOH Advertising tetap menjadi pilihan banyak perusahaan. Jenis iklan ini dianggap efektif dalam menyampaikan pesan iklan secara mendalam kepada khalayak umum. Visual yang atraktif dan ukuran papan iklan yang besar dapat lebih mudah menarik perhatian publik.

Baca juga:   Google Drive dalam Digital Marketing, Kelebihan Kekurangannya

Mengapa Out of Home Advertising Masih Relevan?

OOH Advertising dinilai mampu menyampaikan pesan iklan secara mendalam kepada khalayak umum. Visual yang atraktif dan ukuran papan yang cukup besar dapat meningkatkan perhatian publik. Semakin atraktif papan iklan, semakin besar perhatian yang diterima dari publik. Oleh karena itu, banyak perusahaan masih mengalokasikan dana besar untuk beriklan menggunakan OOH Advertising.

Dengan perkembangan teknologi digital, iklan OOH masih menjadi andalan perusahaan dalam mempromosikan merek dan bisnis mereka. Beberapa fakta seputar dunia pemasaran yang perlu dipahami melibatkan pemasaran konten sebagai cara promosi yang efektif, pentingnya data analitik dan metrik untuk mengukur efektivitas iklan, serta sorotan pada keberagaman, kesetaraan, dan aspek lingkungan dalam mempengaruhi pikiran konsumen.

Baca juga:   10 Skills Utama Marketing yang Dimiliki oleh Seorang Marketer

4 Contoh OOH Advertising

Contoh OOH Billboard

1. Billboard

Billboard merupakan jenis iklan luar ruangan yang paling umum. Ini adalah iklan cetak berskala besar yang bertujuan untuk memasarkan merek, produk, profil perusahaan, atau kampanye tertentu. Saat ini, billboard tidak hanya dalam bentuk cetak biasa, tetapi juga tersedia dalam bentuk digital.

2. Point-of-sale Display

Point of Display

Point-of-sale display adalah jenis iklan luar ruangan versi indoor yang sering ditemui di dekat area kasir. Area kasir menjadi tempat yang efektif untuk memasang iklan, karena orang-orang yang antre cenderung mengamati sekitarnya hingga mendapat giliran pelayanan.

Baca juga:   Cloud Computing: Pengertian, Jenis dan Contohnya

3. Iklan pada Sarana Publik

Iklan Pada Sarana Publik

Sarana publik seperti taman, halte, dan tempat publik lainnya juga menjadi tempat ideal untuk memasang iklan OOH. Jenis iklan ini lebih fokus pada penggunaan sarana publik itu sendiri, seperti iklan yang terpampang di halte bus yang dapat menarik perhatian orang yang sedang menunggu.

4. Iklan pada Kendaraan Umum

Iklan di Kendaraan Umum

Iklan OOH juga dapat ditemukan pada bodi kendaraan umum. Biasanya, iklan ini berupa stiker atraktif yang dipasang di seluruh bagian kendaraan. Jenis iklan ini efektif menjangkau orang yang menetap atau sedang menunggu di sekitar rute kendaraan umum tersebut.

Mengangkat Brand Anda ke Tingkat Selanjutnya? Teroopong Solusinya! Segera manfaatkan jasa branding unggulan yang kami tawarkan untuk memberdayakan brand Anda.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi