5 Ide Promosi Online Saat Ramadan

  1. Home
  2. »
  3. Bisnis
  4. »
  5. 5 Ide Promosi Online Saat Ramadan

Ramadhan atau bulan puasa adalah momen penting yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Selain itu, saat bulan Ramadhan datang banyak juga pelaku usaha memanfaatkan momen ini untuk mengoptimalkan penjualan produk mereka melalui beberapa ide promosi di bulan Ramadan. Bagi Anda yang masih bingung harus membuat promosi seperti apa, berikut ini beberapa ide yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan keuntungan usaha Anda.

 

Ide Promosi Online Saat Ramadan

1. Flash sale di waktu tertentu

Ide promosi bulan di ramadan yang pertama adalah memberi flash sale di waktu-waktu khas bulan Ramadan, seperti pada saat sahur, ngabuburit, setelah tarawih, dan lain sebagainya. Namun pastikan untuk memilih waktu di luar jam beribadah. Pilih waktu-waktu luang agar lebih banyak orang yang melihat promosi yang Anda tawarkan. Durasi flash salenya sendiri juga dapat Anda tentukan sesuai dengan ketersediaan sumber daya yang Anda. Selain itu, sebaiknya pilih waktu yang berbeda setiap harinya. Jika sama, maka konsumen Anda akan cenderung memilih untuk melewatkan flash sale karena sudah mengetahui bahwa esok hari promosi yang Anda tawarkan akan tetap ada pada jam yang sama.

Baca juga:   Pelanggan Potensial adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkan!

2. Cashback khusus Ramadan

Ide promosi di bulan ramadan selanjutnya adalah memberikan cashback kepada konsumen. Anda dapat menyesuaikan promosi cashback sehingga cocok dengan suasana Ramadan. Baik dari besaran cashback yang disesuaikan dengan tahun hijriah, atau periode cashback yang dilakukan di waktu-waktu tertentu khas bulan Ramadan. Dengan memberi cashback, maka Anda telah memberikan dorongan lebih bagi konsumen Anda untuk terus melakukan pembelian dari uang pengembalian yang mereka dapatkan. 

3. Kode voucher khusus Ramadan

Promosi potongan harga selanjutnya dapat Anda berikan melalui kode voucher yang menarik khusus bulan Ramadan. Agar sesuai dengan suasana Ramadan, maka Anda dapat membuat kode voucher yang mengandung rangkaian kata ‘ramadan’, ‘puasa’, ‘ngabuburit’, dan lain sebagainya. Semakin unik kodenya, maka semakin tertarik juga minat orang-orang untuk menggunakan dan membicarakannya dengan orang-orang sekitar mereka. Jika ingin lebih maksimal lagi, Anda dapat menyebarkan informasi promosi ini melalui berbagai marketing campaign di media sosial brand Anda. 

Baca juga:   Buzz Dalam Marketing adalah Strategi Pemasaran Kreatif

4. Paket khusus sahur atau buka puasa

Taktik yang satu ini sangat cocok untuk diterapkan pada usaha-usaha di bidang kuliner. Manfaatkan bulan Ramadan untuk menawarkan harga khusus pada menu buka puasa atau sahur. Selain membuat menu baru untuk sahur dan buka puasa, Anda juga dapat membuat paket untuk pelanggan yang ingin berbuka bersama dengan teman-teman. Konsumen potensial akan merasa bahwa paket ini jauh lebih hemat daripada dibeli terpisah. Selain itu, keberadaan paket juga memudahkan agar mereka tidak terlalu lama berpikir ketika sedang memilih menu.

Baca juga:   Engagement Sosmed: Meningkatkan Interaksi & Brand Awareness

5. Buy 1 get 1

Promosi jenis ini memang tak lekang oleh waktu. Baik saat bulan Ramadan maupun bulan biasa, promosi buy 1 get 1 selalu dapat menarik minat calon konsumen. Tanpa harus mengaitkannya dengan bulan Ramadan, promosi ini tetap bisa Anda jalankan dengan optimal. Kuncinya terletak pada pemilihan produk. Usahakan untuk memilih produk pendamping yang cocok dengan produk utama dan dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya kue kering khas Ramadan yang dipadukan dengan satu kotak kurma, mukena yang dipadukan dengan sajadah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, target pasar Anda akan mempertimbangkan promo tersebut karena lebih murah dibandingkan ketika dibeli secara terpisah.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi