Afiliasi adalah: Definisi, Cara Kerja dan Keuntungan Affiliate

  1. Home
  2. »
  3. Bisnis
  4. »
  5. Afiliasi adalah: Definisi, Cara Kerja dan Keuntungan Affiliate
Afiliasi adalah

Apa Itu affiliate?

Afiliasi adalah istilah yang ada dalam dunia pemasaran. Apa yang dimaksud dengan affiliate? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), affiliate berarti suatu bentuk kerjasama atau hubungan antara anggota dengan cabang. Biasanya satu perusahaan atau pihak lebih besar dari yang lain, tetapi masing-masing berdiri terpisah.

afiliasi mengacu pada model pemasaran yang memungkinkan orang luar untuk bergabung dengan bisnis dengan berpartisipasi dalam penjualan dan pemasaran produk atau layanan.

affiliate adalah pemasar yang melakukan aktivitas affiliate. Pemasaran affiliate memperluas tanggung jawab pemasaran produk kepada semua pihak. Ada tiga pihak yang mendukung efektifitas pemasaran dalam affiliate marketing, yaitu penjual dan produsen produk, penerbit dan konsumen.

Baca juga:   10 Perusahaan Digital Marketing Terbaik di Indonesia

Jadi, ketika affiliate marketing mempromosikan produk pihak lain (perusahaan/individu), kemudian kita berhasil menjual produk tersebut, nantinya kita mendapatkan komisi dari penjualan tersebut, sebagaimana tertuang dalam Panduan Pemula Jefferly Helianthusonfry untuk Affiliate Marketing.

Cara Kerja Afiliasi

Berikut cara kerja affiliate:

  1. Mendaftar sebagai affiliate dengan pedagang atau pemasok (ini bisa menjadi pedagang atau pemilik produk yang membuka program affiliate atau jaringan pengelola program affiliate).
  2. affiliate mencari produk yang bagus dan berkualitas untuk dijual.
  3. Setelah mendapatkan izin untuk menjual produk yang dipilih, affiliate akan menerima tautan atau URL dalam bentuk kode affiliate. Selain itu, kode akan digunakan dalam promosi yang ditempatkan melalui tautan di situs web atau properti pribadi kami.
  4. Pengunjung mengunjungi situs dan melihat produk apa saja yang ditawarkan. Jika pengunjung tertarik dengan produk dan mengklik Ling tadi, pengunjung saya akan dibawa ke situs penjual.
  5. Kunjungan pengunjung akan dicatat dengan cookie (istilah dari sekumpulan informasi tentang track record dan aktivitas saat browsing website) bahwa dia berasal dari website kami sebagai affiliate dengan kode tertentu.
  6. Jika pengunjung membeli produk, alat pengolah transaksi akan bekerja, mengirimkan uang ke penjual dan sebagian ke affiliate sesuai dengan presentasi yang diselenggarakan.
Baca juga:   Pelanggan Potensial adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkan!

Keuntungan affiliate

Menurut laporan dari halaman Investopedia, pemasaran affiliate dapat menghasilkan imbalan besar bagi perusahaan periklanan dan pemasar affiliate. Perusahaan akan mendapat manfaat dari iklan berbiaya rendah dan upaya pemasaran kreatif dari affiliate.

Pengembalian investasi dalam pemasaran affiliate sangat tinggi, karena perusahaan hanya membayar lalu lintas yang dikonversi menjadi penjualan.

Baca juga:   Agile Environment adalah: Pengertian Manfaat, Contoh dan Tips

Keuntungan bergabung menjadi seorang affiliate adalah sebagai berikut:

  • Akses ke pasar yang lebih luas
  • Akuntansi kualitatif pelanggan potensial

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang pengertian keanggotaan, cara kerjanya, dan manfaatnya.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi