Cara Memperoleh Banyak Penonton atau Viewers Youtube

  1. Home
  2. »
  3. Tutorial
  4. »
  5. Cara Memperoleh Banyak Penonton atau Viewers Youtube

YouTube merupakan salah satu platform video yang terkenal dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, YouTube juga menyediakan berbagai macam fitur menarik seperti ads dan kreator studio yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh pundi-pundi uang. Namun, agar video-video yang Anda unggah bisa mendapatkan banyak viewers, merilis konten yang menarik saja tidak cukup. Anda juga perlu melakukan beberapa optimasi agar video Anda berada di daftar pencarian teratas. Dengan memiliki ranking yang tinggi, maka Anda memiliki kesempatan untuk memiliki lebih banyak viewers lagi dalam setiap konten video di Youtube Anda. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh banyak penonton atau viewers YouTube antara lain sebagai berikut.

 

Cara Memperoleh Banyak Penonton atau Viewers Youtube

1. Membuat video sesuai dengan tren yang ada

Berbicara mengenai video YouTube, ada satu nilai yang harus dipegang teguh, khususnya bagi para pemula, yaitu mengikuti tren yang ada. Dengan mengikuti tren yang sedang ada untuk dibuat menjadi video di dalam channel Anda, maka viewers video yang Anda ungga bisa dipastikan lebih banyak daripada video-video Anda yang lainnya. Untuk dapat mengetahui sedang ada tren apa yang naik daun atau viral, Anda menggunakan dua cara. Pertama, Anda dapat mengecek berita online terbaru atau perkembangan isu yang ada di media sosial. Kedua, Anda juga dapat menggunakan Google Trend untuk lebih mudah dan lebih pasti dalam mencari tren yang sedang naik daun atau viral. Dengan dua cara tersebut, maka Anda sudah pasti bisa mengikuti tren yang sedang ada.

Baca juga:   Spotify Wrapped 2022: Cara Melihat & Membuat Kilas Balik

2. Melakukan riset keyword

Agar mendapatkan keyword yang tepat dan banyak dicari oleh orang, Anda dapat melakukan riset menggunakan website pencari keyword yang tersedia secara gratis. Beberapa contoh diantaranya yaitu Ahrefs, Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan lain sebagainya. Optimalkan website-website tersebut untuk mencari keyword untuk video Anda. Jangan lupa, sebaiknya tetap berada di topik video yang sesuai dengan channel yang Anda miliki. Jika Anda sering membahas terkait memasak, maka cari keyword tentang memasak. Begitu juga ketika channel Anda fokus bahas teknologi, game, atau yang lainnya. Dengan cara ini, video-video yang Anda unggah dapat berpotensi untuk menarik lebih banyak viewers atau penonton.

Baca juga:   Hosting untuk Pemula: 5 Cara Memilih Hosting Terbaik

3. Melengkapi keyword di beberapa bagian video

Ketika sedang ingin mengunggah video Anda di YouTube, Anda perlu melengkapi beberapa bagian yang terdapat di video tersebut agar dapat muncul di pencarian teratas YouTube. Beberapa hal yang perlu Anda lengkapi yaitu judul, tags, dan deskripsi pada video. Nah dari ketiga hal itu, semuanya harus dimasukkan keyword yang telah Anda targetkan untuk topik video tersebut. Dengan cara ini, maka video-video yang Anda unggah dipastikan dapat masuk ke dalam indeks dan memberikan peringkat di YouTube dan mesin pencari seperti Google.

Baca juga:   Cek IP Address Saya: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Jenisnya

4. Melakukan analisis video kompetitor

Menganalisis video kompetitor dapat membantu Anda mencari keyword YouTube dan menemukan ide konten baru. Pertama, dengan melihat video kompetitor, Anda dapat mengetahui keyword apa saja yang sering digunakan oleh audiens mereka. Keyword-keyword tersebut dapat menjadi inspirasi untuk Anda dalam membuat konten video yang relevan dengan minat audiens Anda. Kedua, dengan melihat video kompetitor, Anda juga dapat menemukan ide konten baru yang belum pernah dibuat oleh kompetitor sebelumnya. Hal ini dapat membantu Anda untuk membuat konten yang lebih unik dan dapat menarik minat lebih banyak audiens.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi