Cara Menghitung CTR (Click Through Rate)

  1. Home
  2. »
  3. Tutorial
  4. »
  5. Cara Menghitung CTR (Click Through Rate)
Cara Menghitung CTR (Click Through Rate)

Click through rate (CTR) atau Rasio klik-tayang (RKT) adalah Rasio yang menunjukkan seberapa sering orang yang melihat iklan atau cantuman produk gratis Anda akhirnya mengekliknya. Rasio klik-tayang dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik kinerja kata kunci dan iklan, sekarang saatnya lebih memahami apa itu ctr dan cara menghitung CTR.

Apa itu CTR?

CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan Anda dibagi dengan berapa kali iklan Anda ditampilkan: klik tayangan = CTR. Misalnya, jika Anda memiliki 5 klik dan 100 tayangan, maka CTR Anda adalah 5%.

Setiap iklan, cantuman, dan kata kunci Anda memiliki RKT masing-masing yang dapat Anda lihat tercantum di akun Anda.

RKT yang tinggi merupakan indikasi yang baik bahwa pengguna menganggap iklan dan cantuman Anda bermanfaat dan relevan. RKT juga berkontribusi pada RKT yang diharapkan dari kata kunci Anda, yang merupakan komponen Peringkat Iklan. Perhatikan bahwa RKT yang baik relatif terhadap apa yang Anda iklankan dan di jaringan mana.

Anda dapat menggunakan RKT untuk mengukur iklan, cantuman, dan kata kunci mana yang berhasil untuk Anda dan mana yang perlu ditingkatkan. Semakin banyak kata kunci, iklan, dan cantuman Anda terkait satu sama lain dan dengan bisnis Anda, semakin besar kemungkinan pengguna mengeklik iklan atau cantuman Anda setelah menelusuri frasa kata kunci Anda.

Baca juga:   Cara Memasarkan Produk Secara Online untuk Bisnis Anda

Anda tidak mengeklik setiap iklan yang Anda lihat online, begitu pula calon pelanggan Anda. Banyak orang akan melihat iklan online Anda sejenak, mengangkat bahu dan melanjutkan. Untuk mengetahui apakah iklan Anda bermanfaat bagi Anda, Anda perlu mengetahui rasio klik-tayang (RKT).

Cara Menghitung CTR

Google mendefinisikan rasio klik-tayang sebagai jumlah orang yang melihat iklan Anda atau daftar mesin pencari Anda dan kemudian mengkliknya. Misalnya, Anda menjalankan kampanye bisnis kecil. Anda membayar iklan di berbagai situs web dan memiliki iklan di Facebook yang ditampilkan di umpan orang jika mereka menyukai kategori bisnis Anda. Dalam 24 jam pertama, salah satu iklan Anda memiliki 1.000 tayangan frekuensi iklan Anda ditampilkan kepada orang-orang dan 50 orang mengekliknya.

Cara menghitung CTR sederhana yaitu dengan bagi jumlah klik pada iklan Anda dengan jumlah tayangan, dan Anda telah membuat perhitungan rasio klik. Dalam contoh di atas, 50 klik dibagi 1.000 tayangan diterjemahkan menjadi RKT 5 persen.
Jika biro iklan Anda tidak memberikan tarif Anda, rumus penghitungan CTR memudahkan penghitungan statistik. Ada juga kalkulator online di mana Anda memasukkan nomor Anda, dan mereka membuat perhitungan tingkat klik.

Baca juga:   10 Contoh Desain Website Terbaik yang Menginspirasi

Mengapa CTR Penting?

Jika memasang papan reklame atau iklan di TV tidak meningkatkan lalu lintas ke bisnis Anda, itu tidak layak untuk dibayar. Hal yang sama berlaku secara online. Iklan seharusnya mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda; jika tidak ada yang mengklik, mereka tidak melakukan apa-apa. Jika banyak orang mengklik, iklan tersebut sukses.

Rumus penghitungan RKT memudahkan untuk membandingkan berbagai iklan di berbagai tempat secara online. Panduan Periklanan Online menunjukkan bahwa iklan yang berbeda menghasilkan jumlah tayangan yang berbeda, jadi Anda tidak bisa hanya melihat statistik dan mencari tahu mana yang berhasil. Misalnya, iklan yang menghasilkan 30 klik dari 1.000 tayangan memiliki RKT 3 persen. Iklan dengan 10.000 tayangan dan 275 klik memiliki RKT 2,75 persen. Meskipun lebih banyak orang mengkliknya, itu sedikit kurang efektif.

Baca juga:   5 Contoh Campaign Instagram dan Cara Membuatnya

Dengan cara menghitung CTR, Anda dapat mengetahui iklan mana yang paling cocok untuk Anda dan mengoreksinya. Jika iklan yang menekankan “Rendah, Harga Rendah” menghasilkan RKT yang lebih tinggi daripada iklan yang menekankan kualitas, itu mungkin merupakan tanda bahwa pelanggan Anda lebih menghargai biaya daripada kualitas.

Jurnal Mesin Pencari menjelaskan RKT juga penting karena memengaruhi peringkat iklan Anda, yang memengaruhi tempat munculnya iklan Anda di mesin telusur. Semakin tinggi CTR, semakin baik peringkat Anda dan semakin tinggi penempatan Anda.

Apa RKT yang merupakan pengembalian yang baik atas investasi Anda? Wordstream mengatakan ini tergantung pada beberapa faktor, seperti industri Anda. RKT rata-rata untuk toko yang menjual tas desainer diskon dan perusahaan yang menjual perlengkapan makan mungkin berbeda tajam. Anda juga harus melihat berapa banyak orang yang mengklik untuk membeli sesuatu, alias tingkat konversi. Jika RKT tinggi dan konversi buruk, Anda harus memperbaikinya.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi