.ORG adalah Domain Untuk Organisasi / Komunitas

  1. Home
  2. »
  3. Website
  4. »
  5. .ORG adalah Domain Untuk Organisasi / Komunitas
ORG adalah Domain Untuk Organisasi Komunitas

Jika Anda ingin membentuk organisasi baru dan ingin lebih dikenal masyarakat, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat website. Sebuah situs web tidak hanya akan membuat organisasi Anda lebih dikenal, tetapi juga akan membuat organisasi Anda lebih siap dan profesional. Tahukah Anda ekstensi domain mana yang paling baik digunakan untuk membuat website untuk sebuah organisasi atau komunitas? ORG adalah domain untuk organisasi / komunitas yang paling cocok untuk Anda gunakan.

Saat membuat website, Anda perlu menyiapkan 3 hal utama yaitu hosting, nama domain dan ekstensi domain yang akan digunakan.

Hosting adalah layanan yang akan membuat situs Anda online dan ditemukan di Internet. Kemudian nama domain adalah nama unik yang akan digunakan sebagai penghubung antara alamat website dengan brand Anda.

Sementara itu, ekstensi domain adalah nama alamat situs web yang mencerminkan area mana yang dinavigasi oleh situs web Anda. Salah satu ekstensi domain terbaik untuk organisasi adalah domain .org.

Apa itu Domain .ORG?

.ORG adalah salah satu dari tujuh ekstensi domain pertama yang diluncurkan pada tahun 1985. Seiring dengan .ORG, ekstensi domain lainnya telah diluncurkan: .COM, .US, .EDU, .GOV, .MIL, dan .NET.

Baca juga:   Apa Itu 404 Not Found, Penyebab dan Solusinya

Ekstensi .ORG sendiri berarti ORGanization atau dalam bahasa Indonesia berarti organisasi. Secara harfiah, ekstensi .ORG khusus untuk situs web yang dimiliki oleh komunitas, organisasi atau organisasi nirlaba.

Selain itu, ekstensi domain .ORG juga sering digunakan untuk situs web yang menyediakan informasi yang tersedia untuk umum, dapat dipercaya, atau perangkat lunak sumber terbuka.

Sebagai catatan tambahan, ekstensi domain sering juga disebut sebagai domain tingkat atas atau disingkat menjadi TLD. Dan ekstensi domain .ORG termasuk dalam domain tingkat atas generik (gTLD).

Sejarah Singkat Ekstensi Domain .ORG

Ekstensi domain .ORG adalah TLD yang diluncurkan secara resmi pada 10 Juli 1985. .ORG awalnya ditujukan untuk organisasi nonprofit atau organisasi nonprofit yang karakteristiknya tidak memenuhi persyaratan gTLD lain. Tiga puluh tujuh tahun yang lalu, sejak artikel ini ditulis, Mitre Corporation menjadi pihak pertama yang mendaftarkan situs web menggunakan ekstensi .ORG.

Mitre Corporation adalah perusahaan nirlaba AS yang melakukan penelitian dan pengembangan yang didanai oleh pemerintah federal. Sampai saat ini situs besutan The Mitre Corporation masih bisa Anda kunjungi di mitre.org.

Baca juga:   Search Engine Optimization adalah Optimisasi Mesin Pencari

Menurut laporan dari situs Statista, pengguna ekstensi .ORG saat ini adalah yang paling banyak digunakan kedua di dunia dengan 4,4%. Pada saat yang sama, tempat pertama ditempati oleh zona domain .COM (52,8%), dan yang ketiga – oleh zona domain .RU (4,2%).

Fungsi Ekstensi Domain .ORG

Dalam arti luas, ekstensi domain .ORG berfungsi untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi audiens.

Ekstensi domain ini juga berfungsi untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan untuk mencapai tujuan Anda.

Saat dijelaskan, .ORG melakukan setidaknya empat fungsi, termasuk:

  • Fungsi presentasi – menunjukkan bahwa situs web milik bidang non-komersial.
  • Fungsi trust adalah untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap situs tersebut.
  • Fungsi motivasi. Kepercayaan pada sebuah website biasanya mampu mendorong masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan tertentu, seperti penggalangan dana atau penyadaran isu-isu kemanusiaan.
  • Fungsi Edukasi – Menunjukkan bahwa situs web berisi sumber pengetahuan yang dapat diandalkan yang dapat digunakan publik secara gratis.
Baca juga:   Prompt AI Bing untuk Buat Gambar di Image Creator

Manfaat Menggunakan Ekstensi Domain .ORG

Ada beberapa manfaat yang akan Anda nikmati menggunakan ekstensi .ORG, termasuk:

1. Dipercaya oleh organisasi nirlaba

Begitu pengguna internet melihat ekstensi .ORG di situs web yang mereka kunjungi, kebanyakan dari mereka akan langsung menyadari bahwa situs web tersebut memang non-komersial.

Situs yang menggunakan ekstensi .ORG juga dikenal sebagai situs yang berbagi informasi berguna dan membantu orang memahami ide dan masalah penting.

2. Misi penting lainnya

Ekstensi .ORG terkenal di dunia karena fokus utamanya dalam membangun reputasi antara lain, misalnya dengan mendukung misi mulia sebuah organisasi nirlaba.

3. Opsi nama domain tambahan

Ekstensi domain .ORG sudah cukup populer di kalangan pengguna Internet. Namun, jumlah pengguna ekstensi domain ini mungkin cukup kecil dibandingkan dengan domain .COM, yang mendominasi lebih dari 54% dari jumlah situs web. Keuntungan tidak memiliki terlalu banyak pengguna adalah ketersediaan nama domain. Dengan cara ini Anda lebih cenderung menggunakan nama domain yang benar-benar Anda inginkan.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi