Strategi SEO Meta Tag dalam Meningkatkan Peringkat Website

  1. Home
  2. »
  3. Pengertian
  4. »
  5. Strategi SEO Meta Tag dalam Meningkatkan Peringkat Website
Strategi SEO Meta Tag dalam Meningkatkan Peringkat Website

Menjadi nomor satu di mesin pencari Google bukanlah tugas yang mudah. Algoritma penentuan peringkat hasil pencarian terus berubah, itulah sebabnya penting untuk terus melakukan optimalisasi Search Engine Optimization (SEO). Salah satu strategi SEO yang perlu diperhatikan adalah pengoptimalan meta tag.

Apa Itu SEO Meta Tag dan Bagaimana Cara Memasangnya dengan Benar?

Meta tag adalah strategi SEO yang membantu menampilkan website pada hasil pencarian. Mereka memberi tahu mesin pencari, seperti Google, tentang konten yang ada pada website Anda. Meta tag tidak ditulis bersamaan dengan isi konten, melainkan dalam bentuk script pada file HTML website Anda, umumnya terletak di antara tag “<head>” dan “</head>” pada halaman source code.

Baca juga:   Cloud Computing: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Jenis-Jenis Meta Tag dan Cara Menggunakannya

Jenis-Jenis Meta Tag dan Cara Menggunakannya

Meta tag terdiri dari tiga jenis utama: meta title, meta description, dan meta keyword.

<head>
<title>Judul Website/Artikel Website</title>
<meta content=’Description Isi Website Anda’ name=’description’/>
<meta content=’Keyword yang Akan Anda Gunakan’ name=’keywords’/>
</head>

Meta Title (Judul)

Meta title adalah judul halaman website yang muncul di hasil pencarian Google. Pastikan meta title yang Anda buat unik, menarik, dan mengandung kata kunci yang relevan. Gunakan maksimal 60 karakter untuk menghindari terpotongnya judul di hasil pencarian.

Baca juga:   Memahami URL, Nama Domain dan Perbedaannya

Meta Description (Deskripsi)

Meta description adalah penjelasan singkat mengenai isi halaman website yang muncul di bawah meta title pada hasil pencarian Google. Pastikan meta description Anda sesuai dengan isi konten, menggunakan maksimal 156 karakter untuk memaksimalkan efektivitasnya.

Meta Keyword (Kata Kunci)

Meta keyword adalah informasi tentang kata kunci yang digunakan pada website atau postingan. Pastikan kata kunci yang Anda gunakan relevan dengan isi konten dan tidak menggunakan kata kunci secara sembarangan. Gunakan alat seperti Ubber Suggest, Semrush, atau Ahrefs untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Baca juga:   Key Opinion Leader: Siapa itu KOL dalam Digital Marketing?

Cara Memasang MetaTag pada Website Anda

Untuk memasang meta tag, letakkan script yang sesuai di antara tag “<head>” dan “</head>” dalam file HTML website Anda. Untuk pengguna WordPress, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO untuk memudahkan pembuatan dan pengaturan meta tag tanpa perlu menulis script HTML.

Dengan memahami dan mengimplementasikan strategi meta tag secara tepat, Anda dapat meningkatkan peringkat SEO website Anda dan meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari Google.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi