HTTP adalah: Singkatan HTTP dan Bedanya Dengan HTTPS

  1. Home
  2. »
  3. Website
  4. »
  5. HTTP adalah: Singkatan HTTP dan Bedanya Dengan HTTPS
HTTP adalah Kepanjangan dari Singkatan HTTP

HTTP adalah protokol untuk mengambil sumber daya seperti dokumen HTML. Ini adalah dasar dari setiap pertukaran data di Web dan merupakan protokol client-server, yang berarti permintaan diprakarsai oleh penerima, biasanya browser Web. Dokumen lengkap direkonstruksi dari sub-dokumen berbeda yang diambil, misalnya, teks, deskripsi tata letak, gambar, video, skrip, dan banyak lagi.

Klien dan server berkomunikasi dengan bertukar pesan individual (sebagai lawan dari aliran data). Pesan yang dikirim oleh klien, biasanya browser Web, disebut permintaan dan pesan yang dikirim oleh server sebagai jawaban disebut tanggapan.

Dirancang pada awal 1990-an, protokol ini dapat diperluas yang telah berkembang dari waktu ke waktu. Ini adalah protokol lapisan aplikasi yang dikirim melalui TCP, atau melalui koneksi TCP terenkripsi TLS, meskipun protokol transport yang andal secara teoritis dapat digunakan. Karena ekstensibilitasnya, ini digunakan untuk tidak hanya mengambil dokumen hypertext, tetapi juga gambar dan video atau untuk memposting konten ke server, seperti dengan hasil formulir HTML. Protokol ii juga dapat digunakan untuk mengambil bagian dokumen untuk memperbarui halaman Web sesuai permintaan.

Baca juga:   Prompt AI Bing untuk Buat Gambar di Image Creator

Apa Itu HTTP dan HTTPS?

Singkatan HTTP merupakan kepanjangan dari (Hypertext Transfer Protocol) adalah aturan dasar yang mengatur komunikasi antara klien dan server. klien adalah pengguna yang menerima informasi, sedangkan server adalah yang menyediakan informasi, sedangkan HTTPS (Secure Hypertext Transfer Protocol) adalah versi protokol yang lebih aman, tugasnya sama persis, tetapi ketika bertukar https menggunakan otentikasi dan komunikasi enkripsi. HTTPS dikembangkan oleh Netscape Communications Corp. ️

Baca juga:   Kombinasi Warna Terbaik Untuk Desain Website

Fungsi dan Penggunaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengertian HTTP berkaitan dengan singkatan dari HTTP itu sendiri, yaitu Hypertext Transfer, sebuah protokol transfer yang dapat diimplementasikan di salah satu protokol Internet. Tetapi jika Anda menerapkan “protokol panggilan” yang populer saat ini seperti TCP/IP, maka klien HTTP dapat membuat koneksi yang lancar ke TCP melalui “host” yang memiliki port 80 yang merupakan “port default” yang berguna untuk membuat koneksi antara klien dan server. Gunakan HTTP untuk menerima/menerima permintaan yang akan diarahkan ke server untuk tanggapan dengan menerapkan bilah status ke pesan.

Baca juga:   Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Properti

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Walaupun sepintas terdapat persamaan diantara keduanya, namun jika diperhatikan secara seksama, perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS adalah sebagai berikut:

  • Perbedaan utama terkait erat dengan penggunaan “port”.
  • HTTP menggunakan port 80. Sedangkan HTTPS menggunakan ukuran port 443.
  • Dengan memilih menggunakan HTTPS, informasi yang diterima menjadi lebih aman karena hanya melakukan proses “Encrypt” pengiriman informasi.

Adapun beberapa informasi yang dikirim, hanya dapat diakses oleh klien dari server aktif terakhir. Demikian pemahaman mengenai apa itu http dan perbedaannya dengan https.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi