TitleBar adalah: Pengertian, Lokasinya dan Berfungsi untuk Apa?

  1. Home
  2. »
  3. Pengertian
  4. »
  5. TitleBar adalah: Pengertian, Lokasinya dan Berfungsi untuk Apa?
TitleBar adalah Pengertian, Lokasinya dan Berfungsi untuk Apa

Teroopong – Title bar merupakan salah satu elemen kunci dalam antarmuka pengguna aplikasi komputer, yang seringkali diabaikan namun memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan dokumen dan jendela aplikasi. Namun masih ada yang mungkin saat ini belum mengetahui mengenai apa itu titlebar. Agar lebih memahaminya, Anda dapat melanjutkan membaca artikel ini hingga tuntas ya.

Title Bar adalah

Title bar adalah bagian dari antarmuka pengguna pada aplikasi komputer yang nomor standar adalah di bagian paling atas dari jendela. Title sering menunjukkan nama dokumen yang user, menandai file komputer yang aktif di sebuah program tertentu dengan nama item, dan karenanya, setelah menyimpan sesuai keinginan file (fail). Title bar itu juga dapat memberikan akses ke fitur tambahan yang dapat membantu administrator dalam wilayah manajemen dokumen dan jendela menggunakan aplikasi.

Baca juga:   Cek IP Address Saya: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Jenisnya

Fungsi Title Bar

Fungsi utama dari title bar adalah untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi judul dokumen atau file yang sedang aktif atau dibuka saat itu. Dengan menampilkan judul dokumen di title bar, pengguna dapat dengan mudah membedakan antara satu dokumen dengan yang lainnya, terutama saat mereka sedang mengerjakan beberapa dokumen secara bersamaan.

Selain itu, title bar juga dapat menyediakan akses ke fitur tambahan yang berguna dalam pengelolaan dokumen dan jendela aplikasi. Misalnya, pada aplikasi Microsoft Office, seperti Word, Excel, dan PowerPoint, title bar seringkali menyertakan Quick Access Toolbar yang berisi ikon-ikon pintas untuk fungsi-fungsi umum, seperti menyimpan dokumen, mengembalikan perubahan, dan sebagainya.

Baca juga:   Esensi Brand: Mengapa Penting Bagi Kesuksesan¬†Bisnis?

Selain itu, terdapat juga fitur Window Management yang memungkinkan pengguna untuk mengelola tampilan jendela, seperti meminimalkan, memperbesar, atau menutup jendela aplikasi.

Lokasi dan Fitur Tambahan TitleBar pada Microsoft Excel

Di dalam Microsoft Excel, title bar memiliki fungsi yang serupa dengan pada aplikasi lain dalam paket Microsoft Office. Title bar berada di bagian paling atas dari jendela aplikasi Excel dan menampilkan judul dari workbook atau file Excel yang sedang aktif saat itu.

Selain menampilkan judul workbook, titlebar Excel juga dapat menyertakan fitur tambahan yang berguna bagi pengguna. Misalnya, pada versi Excel yang lebih baru, seperti versi 2016 dan 2019, titlebar bisa menyertakan Quick Access Toolbar dan Window Management yang sama seperti pada aplikasi lain dalam paket Microsoft Office.

Baca juga:   Moodle adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

Lokasi Title Bar

Tilte Bar Microsoft Excelv

Secara umum, title bar berada di bagian paling atas dari jendela aplikasi, tepat di bawah bar menu (menu bar) dan tombol-tombol kontrol jendela (window control buttons) seperti tombol minimize, maximize, dan close.

Posisi title bar ini membuatnya mudah diakses oleh pengguna dan memberikan informasi yang penting tentang dokumen atau file yang sedang mereka kerjakan.

Dengan demikian, kesimpulan dari fungsi title bar pada Microsoft Office adalah sebagai berikut: title bar membantu pengguna untuk mengidentifikasi judul dokumen atau file yang sedang aktif atau dibuka, membedakan antara dokumen yang berbeda, dan menyediakan akses ke fitur tambahan yang berguna dalam pengelolaan dokumen dan jendela aplikasi.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi