Cek IP Address Saya: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Jenisnya

  1. Home
  2. »
  3. Pengertian
  4. »
  5. Cek IP Address Saya: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Jenisnya
Cek IP Address Saya_ Pengertian, Cara Mudah Cek Alamat IP

Teroopong – Cek Alamat Protokol Internet (Internet Protocol Address atau IP Address) adalah rangkaian angka yang unik dan digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet atau jaringan komputer lainnya. Analoginya, IP Address mirip dengan nomor rumah yang memastikan pengiriman data ke perangkat yang benar di dalam jaringan. Rentang angka IP Address berada dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Cek IP Address Saya

Untuk cek alamat IP Address Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut tergantung pada perangkat yang Anda gunakan:

  1. Pengguna Windows
    Buka Command Prompt. Anda bisa menemukannya dengan mencari “Command Prompt” di menu Start.
    Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut:
    Tekan tombol Enter.
    Cari bagian yang bertuliskan “IPv4 Address”. Angka yang tercantum di sebelahnya adalah alamat IP Anda.
  2. Pengguna MacOS
    Buka Terminal. Anda bisa menemukannya di folder “Utilitas” di dalam folder “Aplikasi”, atau menggunakan Spotlight dengan menekan Command + Space dan mengetik “Terminal”.
    Setelah Terminal terbuka, ketik perintah berikut:
    ifconfig | grep “inet ” | grep -Fv 127.0.0.1 | awk ‘{print $2}’
    Tekan tombol Enter.
    Alamat IP Anda akan ditampilkan.
  3. Pengguna Perangkat Mobile
    Buka Pengaturan (Settings).
    Pilih opsi yang berhubungan dengan jaringan atau Wi-Fi, tergantung pada jenis koneksi yang Anda gunakan (Wi-Fi atau data seluler).
    Cari detail koneksi atau informasi jaringan. Di sana Anda akan menemukan alamat IP perangkat Anda.
  4. Melalui Website
    Jika Anda ingin memeriksa alamat IP eksternal Anda (IP publik), Anda bisa menggunakan situs web online seperti “WhatIsMyIP.com” atau “WhatIsMyIPAddress.com“. Buka salah satu situs tersebut menggunakan peramban web Anda, dan alamat IP Anda akan ditampilkan di halaman beranda. Dengan mengikuti salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah cek alamat IP Anda.

Your IP: 100.26.176.111
Your Continent Name: North America
Your Country Name: United States
Your Country Code: US
Your Region: VA
Your Region Name: Virginia
Your City: Ashburn
Your Latitude: 39.0438
Your Longitude: -77.4874
Your Timezone: America/New_York
Your Currency: USD
Your ISP Information: Amazon.com
Your Browser Name: Unknown
Your Operating System: Unknown OS Platform
Your Country Flag:

Setiap perangkat seperti laptop, PC, ponsel, atau printer memiliki IP Address tersendiri. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang IP Address, termasuk definisi, cara kerja, fungsi, dan jenis-jenisnya.

Baca juga:   Bahasa Program Ruby adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Alamat IP

Pengertian Alamat IP

IP adalah singkatan dari Internet Protocol, yang merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim dan menerima data di internet. IP Address adalah alamat protokol internet yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan, baik jaringan internet umum maupun jaringan lokal. Selanjutnya, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang fungsi IP Address dan bagaimana cara kerjanya.

Fungsi Cek IP Address

Ketika Anda mengakses sebuah situs web atau menggunakan aplikasi online, perangkat yang Anda gunakan perlu menemukan lokasi data atau sumber daya tersebut di jaringan. Fungsi IP Address adalah memastikan bahwa proses ini berjalan dengan lancar. Berikut penjelasan lebih detail mengenai fungsi IP Address:

  1. Identifikasi Perangkat: IP Address berfungsi sebagai alamat unik untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Seperti nomor rumah, setiap perangkat memiliki IP Address sendiri yang membedakannya dari perangkat lainnya. Ini memungkinkan perangkat untuk diidentifikasi secara tepat di dalam jaringan.
  2. Pengalihan Permintaan dan Data: Ketika Anda mengakses situs web atau sumber daya online lainnya, perangkat Anda mengirim permintaan ke server yang menyimpan data tersebut. IP Address digunakan untuk mengarahkan permintaan ini ke perangkat yang benar di jaringan. Selain itu, ketika data atau informasi dikirim kembali ke perangkat Anda, IP Address memastikan bahwa itu sampai pada perangkat yang tepat.
  3. Komunikasi Antar-Perangkat: IP Address memungkinkan komunikasi yang efisien antara perangkat di jaringan. Dengan menggunakan IP Address, perangkat dapat saling bertukar informasi, mengirim pesan, dan berbagi sumber daya secara langsung.
  4. Penentuan Lokasi: Meskipun bukan fungsi utama, IP Address juga dapat digunakan untuk menentukan lokasi geografis suatu perangkat atau pengguna. Hal ini memungkinkan penyedia layanan atau situs web untuk menyajikan konten yang relevan atau membatasi akses berdasarkan lokasi geografis.
Baca juga:   Cara Cepat Membuat Struktur Organisasi Dengan Microsoft Word

Cara Kerja IP Address

Cara Kerja IP Address

IP Address berperan penting dalam proses komunikasi antarperangkat di jaringan. Berikut adalah langkah-langkah cara kerja IP Address secara detail:

  • Komputer Terhubung ke Router Jaringan: Proses dimulai ketika komputer atau perangkat lain terhubung ke router jaringan. Router ini biasanya disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP). Ketika Anda mengakses internet atau jaringan lokal, perangkat Anda terhubung ke router ini.
  • Komunikasi dengan Server: Setelah terhubung ke router, perangkat Anda kemudian berkomunikasi dengan server tempat situs web atau sumber daya jaringan lainnya disimpan. Misalnya, jika Anda mengakses situs web, permintaan untuk mengambil halaman web tersebut akan dikirim ke server tempat situs web tersebut dihosting.
  • Permintaan dan Pengiriman Data: Server kemudian merespons permintaan dari perangkat Anda dengan mengirimkan data yang diminta, seperti halaman web, file, atau informasi lainnya. Data ini dikirim kembali ke router, yang kemudian meneruskannya ke perangkat Anda.
  • Pengenalan Melalui IP Address: Setiap perangkat dalam jaringan, termasuk komputer Anda, router, dan server, memiliki IP Address unik. Ketika permintaan dan data dikirim, mereka menggunakan IP Address ini untuk mengidentifikasi perangkat yang dimaksud dan memastikan bahwa informasi yang diminta dikirim ke perangkat yang benar.
  • Komunikasi Antar-Perangkat: Melalui penggunaan IP Address, perangkat dalam jaringan dapat saling berkomunikasi, mengambil data, dan mengirimkannya satu sama lain. Dengan demikian, IP Address memainkan peran penting dalam memfasilitasi komunikasi dan pertukaran data antarperangkat di jaringan.
Baca juga:   Metode Waterfall: Pengertian, Proses hingga Kelebihannya

Jenis-Jenis IP Address

Jenis-Jenis IP Address

IP Address dibagi menjadi beberapa jenis, termasuk:

  • IPv4: Versi IP Address yang paling umum digunakan, dengan panjang 32-bit dan empat bagian (oktet) yang dipisahkan oleh titik. Nilai setiap oktet berkisar dari 0 hingga 255.
  • IPv6: Versi IP Address yang lebih baru, dengan panjang 128 bit, dirancang untuk menggantikan IPv4 karena keterbatasan jumlah alamat IPv4 yang tersedia.
  • Private IP: Digunakan untuk komunikasi dalam jaringan lokal seperti Bluetooth atau LAN. IP Address ini tidak dapat digunakan untuk koneksi internet dan tersedia secara gratis.
  • Public IP: Digunakan untuk komunikasi di luar jaringan lokal dan terhubung ke internet. IP Address ini diberikan dan dikendalikan oleh penyedia layanan internet (ISP).
  • Alamat IP Dinamis: IP Address yang sifatnya berubah-ubah, diberikan oleh ISP kepada pelanggan untuk alasan keamanan.
  • Alamat IP Statis: IP Address dengan rangkaian angka tetap yang tidak berubah, sering digunakan untuk perangkat yang memerlukan akses tetap atau koneksi pribadi.

Selain itu, terdapat juga Shared IP Address yang digunakan oleh beberapa nama domain bersama-sama dan Dedicated IP Address yang diperuntukkan secara khusus untuk satu domain. Dengan demikian, IP Address memainkan peran kunci dalam memastikan komunikasi yang efisien dan tepat antara perangkat di jaringan. Sebagai alamat unik, IP Address memungkinkan identifikasi perangkat, pengalihan permintaan dan data, serta komunikasi yang lancar antarperangkat.

Artikel Terkait dan dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi