XSS adalah Cross-site Scripting, Serangan Keamanan Website

  1. Home
  2. »
  3. Website
  4. »
  5. XSS adalah Cross-site Scripting, Serangan Keamanan Website
XSS adalah Cross-site Scripting, Serangan Keamanan Website

Apa itu XSS?

Pengertian XSS (Cross-site scripting) is adalah jenis serangan keamanan yang memungkinkan penyerang untuk menyisipkan kode berbahaya di dalam halaman web yang akan diakses oleh pengguna lain. Cross-site Scriptingdapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi, mengubah isi halaman web, atau bahkan mengambil kendali sepenuhnya atas situs web tersebut.

Contoh Serangan Cross-site Scripting

Serangan Cross-site Scripting umumnya terjadi ketika situs web tidak memvalidasi input pengguna dengan benar. Sebagai contoh, jika suatu situs web memungkinkan pengguna untuk mengirimkan komentar atau pesan, penyerang dapat menyisipkan kode berbahaya di dalamnya. Ketika pengguna lain melihat pesan tersebut, kode berbahaya akan dieksekusi di dalam browser mereka.

Baca juga:   Strategi SEO Meta Tag dalam Meningkatkan Peringkat Website

Jenis Serangan Cross-site Scripting

Ada tiga jenis serangan Cross-site Scripting: Reflected XSS, Stored XSS, dan DOM-based XSS.

  • Reflected Cross-site Scripting terjadi ketika input pengguna langsung disisipkan ke dalam halaman web dan dieksekusi oleh browser.
  • Stored Cross-site Scripting terjadi ketika input pengguna disimpan dalam database situs web dan dieksekusi setiap kali halaman tersebut dimuat.
  • DOM-based Cross-site Scripting terjadi ketika kode berbahaya dieksekusi di sisi klien, menggunakan manipulasi DOM (Document Object Model) di dalam browser.
Baca juga:   Prompt AI Bing untuk Buat Gambar di Image Creator

Cara Melindungi Website dari Serangan XSS

Untuk melindungi situs web dari serangan XSS, penting untuk memvalidasi input pengguna dengan benar dan menghindari menyimpan data sensitif di sisi klien. Selain itu, menggunakan library atau framework yang memiliki fitur keamanan seperti encoding input pengguna, dapat membantu mencegah serangan Cross-site Scripting.

Sebagai pengguna internet, Anda juga dapat melindungi diri dari serangan Cross-site Scripting dengan menghindari mengklik tautan dari sumber yang tidak dapat dipercaya atau memasukkan informasi sensitif di dalam formulir dari situs web yang tidak dikenal.

Baca juga:   Google Display Network dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, serangan XSS adalah masalah keamanan yang serius di dunia internet. Penting untuk selalu memvalidasi input pengguna dengan benar dan memperbarui sistem keamanan untuk melindungi situs web dari serangan Cross-site Scripting. Sebagai pengguna internet, Anda juga harus berhati-hati dalam memasukkan informasi pribadi dan menghindari mengklik tautan yang mencurigakan.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi