Blogspot adalah: Pengertian, Sejarah dan Cara Membuat Blog

  1. Home
  2. »
  3. Tutorial
  4. »
  5. Blogspot adalah: Pengertian, Sejarah dan Cara Membuat Blog
Blogspot adalah_ Pengertian, Sejarah dan Cara Membuat Blog

Dalam era digital saat ini, blog telah menjadi salah satu bentuk ekspresi populer di internet. Salah satu platform yang sangat terkenal untuk membuat blog adalah Blogspot. Blogspot, yang dioperasikan oleh Google, telah menjadi tempat bagi jutaan orang di seluruh dunia untuk berbagi informasi, pengalaman, dan ide dalam bentuk tulisan.

Apa Itu Blogspot?

Blogspot adalah subdomain yang dimiliki oleh Blogger, sebuah platform penerbitan yang memungkinkan individu untuk membuat dan mengelola blog secara gratis. Blogger sendiri adalah layanan penerbitan yang dimiliki oleh Google. Sebagian besar orang sering menyebut blog yang dibuat melalui platform ini sebagai “Blogspot” atau “Blogger”.

Saat Anda membuat blog menggunakan Blogger, Anda akan diberikan domain blogspot.com secara otomatis. Namun, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan domain khusus dengan pembayaran tambahan.

Baca juga:   Layanan Membuat Blog Gratis yang Sering Digunakan

Sejarah Perkembangan Blogger

Sejarah Blogger

Aktivitas blogging telah dikenal sejak pertengahan tahun 90-an, ketika blog digunakan sebagai pengganti buku harian atau jurnal online. Istilah “web log” pertama kali digunakan pada akhir tahun 90-an, yang kemudian berkembang menjadi “weblog”, “we blog”, dan akhirnya “blog”. Pada tahun 1999, Blogger.com diluncurkan, menjadi salah satu situs web blogging paling populer. Kemudian, pada Februari 2003, Google mengakuisisi Blogger, membuatnya menjadi layanan gratis sepenuhnya.

Sejak itu, Blogger terus berkembang dengan memperkenalkan berbagai fitur baru dan peningkatan platform. Pada tahun 2007, Blogger beralih sepenuhnya ke server yang dioperasikan oleh Google, dan pada tahun 2009, berbagai fitur baru diperkenalkan sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-10 Blogger.

Baca juga:   Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Properti

Pada tahun-tahun berikutnya, Blogger terus mengalami perkembangan, termasuk perubahan desain situs web, integrasi dengan Google Docs, dan ekspansi ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Cara Membuat Blogspot di PC dan Ponsel

Membuat blog menggunakan Blogspot sangatlah mudah, baik melalui PC maupun ponsel. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

Cara Membuat Blogspot di PC dan Ponsel

Membuat Blog di PC

  1. Buka browser dan masukkan alamat www.blogger.com.
  2. Klik tombol “create your blog” untuk memulai proses pembuatan blog baru.
  3. Masukkan alamat email dan password untuk membuat akun Blogger.
  4. Isi profil blog Anda dan atur tampilan awal.
  5. Pilih alamat blog yang sesuai dan tema yang diinginkan.
  6. Tulis dan publikasikan posting blog Anda.
Baca juga:   Hypertext Markup Language: Pengertian, Fungsi dan Contoh

Membuat Blog di Ponsel

  1. Unduh aplikasi Blogger dari Play Store atau App Store.
  2. Masukkan alamat email untuk membuat akun Blogger.
  3. Lakukan sign up dan isi profil blog Anda.
  4. Buat blog baru, tentukan alamat dan judul blog, serta pilih desain template.
  5. Tulis konten blog Anda dan publikasikan.

Dengan Blogspot, siapa pun dapat dengan mudah memulai blogging dan berbagi cerita, gagasan, atau pengetahuan dengan dunia secara online. Platform ini memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menjadi penulis dan penerbit dalam era digital ini.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi