Hosting untuk Pemula: 5 Cara Memilih Hosting Terbaik

  1. Home
  2. »
  3. Tutorial
  4. »
  5. Hosting untuk Pemula: 5 Cara Memilih Hosting Terbaik
Hosting untuk Pemula_ 5 Cara Memilih Hosting Terbaik

Menentukan pilihan layanan hosting bisa menjadi tantangan bagi pengguna hosting pemula. Terutama, ketika berhadapan dengan beragam terminologi asing saat membandingkan berbagai paket yang tersedia.

Jangan khawatir pada artikel ini, kami akan membagikan panduan memilih hosting khusus untuk pemula. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui jenis layanan hosting yang paling cocok untuk pemula. Sudah penasaran, bukan? Mari kita langsung simak pembahasannya!

Mengapa Memilih Hosting untuk Pemula Tidak Boleh Sembarangan?

Pembelian paket hosting untuk pemula memerlukan pertimbangan matang. Harus disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Lebih lanjut, setiap paket hosting dari penyedia memiliki spesifikasi yang berbeda, disesuaikan dengan pengguna tertentu. Itulah sebabnya, harga paket hosting mencerminkan fasilitas yang ditawarkan, termasuk kemudahan penggunaan.

Sebagai contoh, paket VPS hosting lebih cocok untuk pengguna yang mahir dalam mengelola server. Oleh karena itu, paket ini tidak sesuai untuk pengguna hosting pemula.

Meskipun telah mengetahui jenis layanan hosting yang cocok untuk pemula, mungkin Anda masih bingung dengan beberapa istilah teknis. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Istilah dalam Ranah Web Hosting

Istilah dalam Ranah Web Hosting

Berikut adalah beberapa istilah teknis yang umumnya muncul dalam dunia web hosting:

  • Domain – nama unik sebagai alamat website.
  • Bandwidth – kuota data website yang dapat ditransfer dari server ke pengunjung. Bandwidth menentukan besarnya transfer data yang memengaruhi kecepatan loading website.
  • Disk space – kapasitas ruang penyimpanan data website pada server hosting. Data dapat berupa teks, gambar, video, database, dan sebagainya.
  • Inode – jumlah total file, email, dan informasi lainnya yang dapat ditampung dalam satu akun hosting.
  • CPU – Central Processing Unit (CPU) sebagai otak yang memproses seluruh instruksi dari website.
  • RAM – Random Access Memory (RAM) sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM bertanggung jawab atas banyaknya proses yang dapat dilakukan bersamaan dalam suatu perangkat komputer.
  • SSL – Secure Socket Layer (SSL) sistem keamanan yang melindungi koneksi dalam website agar seluruh data website terenkripsi. Tujuannya, agar hacker tidak dapat membaca informasi data tersebut.
Baca juga:   Cara Menghapus Ulasan Orang Lain di Google

Bagaimana? Sudah paham berbagai istilah teknis di dunia hosting untuk menentukan paket hosting yang tepat?

Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Pemula

Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Pemula

Berikut adalah beberapa tips memilih hosting untuk pemula yang dapat Anda terapkan:

1. Evaluasi Performa Server

Tips pertama dalam memilih hosting untuk pemula adalah menilai kualitas server hosting. Performa server akan mempengaruhi aksesibilitas website.

Perhatikan spesifikasi server penyedia layanan hosting Anda. Sebagai contoh, apakah server menggunakan teknologi canggih seperti LiteSpeed, yang dikenal dapat meningkatkan kecepatan dan keamanan website?

Pastikan juga lokasi server sesuai dengan audiens yang Anda targetkan. Jika target audiens Anda berasal dari Indonesia, pilihlah lokasi server di Indonesia.

2. Sesuaikan Sumber Daya dengan Kebutuhan

Setiap jenis website membutuhkan jumlah sumber daya yang berbeda. Sebagai contoh, blog memerlukan sumber daya lebih sedikit dibandingkan dengan toko online dengan gambar produk dan proses yang lebih kompleks.

Pastikan paket hosting yang Anda pilih memiliki sumber daya sesuai dengan kebutuhan website Anda. Faktor sumber daya yang perlu diperhatikan meliputi kapasitas disk space untuk menyimpan data lebih besar dan bandwidth untuk melayani pengunjung lebih banyak.

Baca juga:   Strategi SEO Meta Tag dalam Meningkatkan Peringkat Website

3. Tinjau Harga Paket Hosting

Bagi pengguna hosting pemula, harga adalah pertimbangan utama dalam memilih paket hosting. Bandingkan spesifikasi dan harga paket hosting untuk mendapatkan kualitas yang baik dengan harga terjangkau.

4. Telusuri Ulasan Pengguna

Bagi calon pengguna hosting pemula, keraguan dalam memilih paket hosting adalah hal yang wajar. Untuk mengatasi ini, Anda dapat membaca ulasan dari pengguna layanan hosting untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik.

Dengan cara ini, Anda dapat menilai kualitas dan fitur produk berdasarkan pengalaman orang yang telah menggunakannya.

Jangan khawatir, saat ini terdapat banyak informasi yang dapat Anda temukan di berbagai platform, termasuk halaman website penyedia hosting, media sosial, blog, dan forum.

5. Pastikan Dukungan Tim 24 Jam Tersedia

Bayangkan jika website Anda tiba-tiba sulit diakses dan Anda tidak tahu cara mengatasinya. Saat itulah dukungan tim customer support yang responsif menjadi sangat penting.

Memilih layanan hosting dengan dukungan pelanggan 24 jam sangatlah krusial. Terutama jika dukungan tersebut dapat diakses melalui berbagai platform seperti email, live chat, dan lainnya.

Setelah mengetahui tips memilih hosting yang tepat, pertanyaannya kini adalah, jenis layanan hosting apa yang cocok untuk pemula? Simak uraiannya di bawah ini.

Jenis Layanan Hosting yang Cocok untuk Pemula

Jenis Layanan Hosting yang Cocok untuk Pemula

Berikut adalah rekomendasi jenis layanan hosting Niagahoster yang cocok untuk pemula:

Baca juga:   Cara Kompres JPG / Mengecilkan Ukuran File Foto

Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting yang paling populer di kalangan pemula. Alasannya, kelebihan shared hosting meliputi pengelolaan yang mudah dan harga yang terjangkau.

Shared hosting membagi satu server untuk beberapa pengguna secara bersamaan. Meskipun demikian, performanya tetap optimal untuk website dengan kebutuhan dasar.

Menariknya, jenis hosting ini biasanya menawarkan sumber daya tak terbatas. Sehingga, pengguna hosting pemula tidak perlu khawatir tentang penggunaan sumber daya selama digunakan dengan wajar.

WordPress Hosting

WordPress Hosting sebenarnya merupakan bentuk shared hosting yang dioptimalkan khusus untuk website berbasis WordPress. Bahkan, Niagahoster menyediakan server WP khusus untuk meningkatkan kinerja website.
Jadi, bagi Anda yang ingin membuat website WordPress untuk blog, UMKM, atau komunitas, jenis layanan hosting ini sangat direkomendasikan.

Tambahan lagi, WordPress Hosting memiliki keunggulan tersendiri. Pengguna WordPress Hosting Niagahoster akan mendapatkan fitur manajemen WordPress untuk mengelola situs, WordPress Accelerator untuk meningkatkan kecepatan situs, dan banyak fitur lainnya.

Jika Anda merasa sebagai seorang pemula dan belum familiar dengan cara membuat website, tidak perlu khawatir. Percayakanlah pembuatan website Anda kepada tim profesional di Teroopong.com. Kami siap membantu Anda dalam menciptakan website yang cepat, profesional, dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh tim Teroopong.com, Anda dapat memiliki website yang memenuhi standar tinggi tanpa perlu repot-repot memahami seluk-beluk teknis pembuatannya. Segera serahkan proyek pembuatan website Anda kepada Teroopong.com untuk hasil yang memuaskan dan sesuai dengan ekspektasi Anda.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi