Cara Kompres JPG / Mengecilkan Ukuran File Foto

  1. Home
  2. »
  3. Tutorial
  4. »
  5. Cara Kompres JPG / Mengecilkan Ukuran File Foto
Cara Kompres JPG Mengecilkan Ukuran File Foto

Di era digital semua dilakukan secara online, termasuk saat ingin mengurus dokumen yang nantinya akan diunggah ke platform yang disediakan. Tapi bagaimana jika filenya terlalu besar? Setiap dokumen yang Anda unggah memiliki syarat dan ketentuan, termasuk foto. Biasanya, ukuran foto yang diminta tidak lebih dari 1 MB (megabyte) dalam format jpg. Tenang, Anda dapat melakukan kompres jpg dengan hanya melalui website.

Apa Itu JPG?

JPG atau singkatan dari Joint Photographic Experts Group adalah format yang paling umum digunakan di web. Nama file yang akan dibuat dari gambar JPG adalah .jpg atau .jpeg.

Baca juga:   Cara Membuat Email Baru di Gmail, Yahoo dan Outlook

Format file JPG sangat berguna untuk membuat gambar jenis fotografi berkualitas tinggi dalam ukuran file yang sangat kecil. Format ini juga telah diadopsi oleh Sektor Standardisasi Telekomunikasi (ITU-T) dan Organisasi Internasional untuk Standardisasi.

Gambar JPG cukup populer karena ukurannya yang kecil. Namun, tidak jarang gambar JPG cukup besar untuk mengisi penyimpanan.

Jadi JPG sangat efisien untuk menyimpan gambar dalam kategori warna 24-bit. Dalam format lossy, kualitas gambar sering dikorbankan dengan meningkatkan rasio kompresi.

Baca juga:   Langkah Menganalisis Data, Mengoptimalkan Penggunaan Data

Untuk melakukan ini, Anda harus mengunggah foto sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Jika ukuran foto yang Anda miliki lebih besar dari yang dibutuhkan, Anda perlu mengompres foto terlebih dahulu atau memperkecilnya ke ukuran yang lebih kecil.

Cara memperkecil ukuran file foto jpg sangatlah sederhana. Dengan mengunjungi situs web smallpdf, Anda dapat mengurangi ukuran file foto Anda secara online secara gratis.

Cara Kompres JPG di Tinyjpg.com

Kompres JPG

  1. Buka halaman resmi tinyjpg.com di ponsel atau laptop Anda.
  2. Upload foto jpg Anda “Drop your WebP, PNG or JPEG files here!“.
  3. Kemudian unggah atau seret dan jatuhkan file JPG yang ingin Anda kompres dan letakkan di bilah alat yang tersedia.
  4. Tunggu sementara program mengurangi ukuran file JPG.
  5. Jika proses kompresi sudah selesai, Anda bisa mendownload file tersebut.
Baca juga:   Prompt AI Bing untuk Buat Gambar di Image Creator

Bagaimana? Bukankah mudah untuk kompress JPG dengan tinyjpg.com? Dengan mengetahui langkah-langkah ini, Anda dapat  langsung mencobanya sendiri. Mungkin bisa membantu.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi