Digital Divide: Memahami Perbedaan Akses Teknologi di Era Digital

  1. Home
  2. »
  3. Pengertian
  4. »
  5. Digital Divide: Memahami Perbedaan Akses Teknologi di Era Digital
Digital Divide Memahami Perbedaan Akses Teknologi di Era Digital

Digital divide atau kesenjangan digital adalah perbedaan akses dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) antara kelompok masyarakat. Artikel ini akan membahas pengertian digital divide, faktor penyebabnya, dan dampaknya pada masyarakat.

Pengertian Digital Divide

Digital divide adalah perbedaan yang terjadi dalam akses dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) antara kelompok masyarakat. Kelompok yang memiliki akses dan penggunaan yang baik terhadap TIK sering disebut sebagai digital natives, sementara kelompok yang tidak memiliki akses atau penggunaan yang kurang disebut sebagai digital immigrants.

Faktor Penyebab Digital Divide

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya digital divide antara kelompok masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Ekonomi: Kelompok masyarakat dengan pendapatan rendah cenderung tidak memiliki akses yang memadai terhadap TIK karena keterbatasan keuangan. Sementara itu, kelompok masyarakat yang kaya memiliki akses yang lebih baik.
  • Geografis: Wilayah yang terpencil atau terisolasi cenderung memiliki akses yang lebih terbatas terhadap TIK dibandingkan dengan wilayah perkotaan.
  • Pendidikan: Kelompok masyarakat dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung memiliki akses dan penggunaan TIK yang lebih baik.
  • Usia: Generasi yang lebih muda cenderung memiliki penggunaan TIK yang lebih baik dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.
Baca juga:   Influencer adalah: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Dampak Kesenjangan Digital pada Masyarakat

Kesenjangan digital dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada masyarakat. Beberapa dampak yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:

Ketimpangan akses informasi: Kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap TIK akan kesulitan untuk mengakses informasi dan pengetahuan yang dapat memberi keuntungan bagi kehidupan mereka.

Keterbatasan peluang pekerjaan: Penggunaan TIK semakin penting dalam dunia kerja saat ini. Kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses atau penggunaan TIK yang kurang baik mungkin memiliki keterbatasan dalam mencari dan mempertahankan pekerjaan.

Baca juga:   Jenis Digital Marketing Secara Umum: Push dan Pull Strategy

Ketimpangan dalam pendidikan: Penggunaan TIK semakin menjadi bagian penting dalam pendidikan. Kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses atau penggunaan TIK yang kurang baik mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengikuti pendidikan yang menggunakan TIK.

Ketimpangan dalam kesehatan: Akses terhadap informasi kesehatan dan layanan kesehatan melalui TIK semakin penting saat ini. Kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses atau penggunaan TIK yang kurang baik mungkin memiliki kesulitan dalam memperoleh informasi kesehatan dan layanan kesehatan yang memadai.

Baca juga:   OOH adalah: Out of Home Advertising dan Ketahui Contohnya

Kesimpulan

Digital divide adalah perbedaan dalam akses dan penggunaan TIK antara kelompok masyarakat. Faktor-faktor seperti ekonomi, geografis, pendidikan, dan usia dapat menjadi penyebab utama kesenjangan digital.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi