Cara Membuat Website yang SEO Friendly

  1. Home
  2. »
  3. Tutorial
  4. »
  5. Cara Membuat Website yang SEO Friendly
Cara Membuat Website yang SEO Friendly

Teroopong – Sebagai web programmer, Anda pasti sering mendapat permintaan klien untuk membuat website yang ramah SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah kunci agar website mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, sehingga bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung. Nah, artikel ini akan memandu Anda, para web programmer, untuk membuat website SEO Friendly yang disukai Google. Tak perlu khawatir, panduan ini dibuat agar mudah dipahami dan diterapkan langsung di proyek Anda.

10 Fitur Penting untuk Membuat Website SEO Friendly (Ramah SEO)

  1. Meta Tag di Setiap Halaman: Pastikan setiap halaman website Anda (Home, Kategori, Produk, Berita, dll.) memiliki meta title dan meta description yang unik dan relevan. Meta tag ini membantu Google memahami isi halaman Anda.
  2. Heading (H1, H2, H3) dan Format Teks (Bold, Italic, Underline): Gunakan heading untuk menyusun struktur konten dan format teks untuk menekankan poin penting. Ini memudahkan pembaca dan mesin pencari memahami konten Anda.
  3. Struktur URL yang Rapi: Buat URL yang mudah dibaca dan mencerminkan isi halaman. Hindari URL yang panjang dan membingungkan. Contoh: http://www.yourwebsite.com/product/nama-product-kodeproduct
  4. Kecepatan Loading: Website yang cepat membuat pengunjung betah dan disukai Google. Gunakan tool PageSpeed Insights dari Google (https://pagespeed.web.dev/) untuk mengecek kecepatan website Anda dan mendapatkan rekomendasi perbaikan.
  5. Ruang untuk Teks di Halaman Utama: Jangan hanya fokus pada gambar dan desain. Pastikan halaman utama website Anda memiliki cukup teks yang informatif dan relevan dengan topik website. Ini membantu mesin pencari memahami konten Anda.
  6. Alt Text pada Gambar: Berikan deskripsi singkat (alt text) pada setiap gambar di website Anda. Ini membantu mesin pencari memahami gambar dan meningkatkan aksesibilitas website.
  7. Sitemap XML: Buat dan submit sitemap XML ke Google Search Console. Sitemap ini membantu Google menemukan dan mengindeks semua halaman di website Anda.
  8. Canonical URL: Jika satu halaman bisa diakses melalui beberapa URL, tentukan satu URL utama (canonical URL) untuk menghindari masalah duplikat konten.
  9. HTTPS: Gunakan protokol HTTPS untuk mengamankan website Anda. Website yang aman disukai Google dan meningkatkan kepercayaan pengunjung.
  10. Google Search Console: Pasang Google Search Console untuk memantau performa SEO website Anda, melihat kata kunci yang digunakan pengunjung, dan mendapatkan informasi penting lainnya.
Baca juga:   10 Perusahaan Digital Marketing Terbaik di Indonesia

Penting untuk Diingat:

  • Fitur-fitur di atas membantu meningkatkan peluang website Anda meraih peringkat tinggi di Google, tetapi tidak ada jaminan pasti. SEO adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan usaha dan pemantauan berkala.
  • Selain faktor teknis, konten berkualitas dan relevan juga sangat penting untuk SEO. Pastikan website Anda memiliki konten yang bermanfaat bagi pengunjung.
  • Jika Anda serius ingin meningkatkan SEO website Anda, pertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan SEO profesional.
Baca juga:   Search Engine Optimization adalah Optimisasi Mesin Pencari

Dengan menerapkan panduan ini, Anda bisa membuat website yang SEO Friendly dan siap bersaing di mesin pencari. Selamat mencoba!

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi