Engagement Rate: Pengertian, Faktor dan Cara Menghitungnya!

  1. Home
  2. »
  3. Media Sosial
  4. »
  5. Engagement Rate: Pengertian, Faktor dan Cara Menghitungnya!
Engagement Rate Pengertian, Faktor dan Cara Menghitungnya!

Engagement Rate (ER) atau Tingkat Keterlibatan merupakan salah satu parameter utama dalam mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran di Instagram. Dengan memahami cara menghitung Engagement Rate Instagram, Anda dapat menilai seberapa baik konten Anda dalam menarik perhatian dan interaksi pengguna.

Tidak perlu khawatir, menghitung Tingkat Keterlibatan post dan akun Instagram tidaklah rumit! Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam apa itu Engagement Rate beserta langkah-langkah sederhana untuk menghitungnya dengan tepat. Mari kita simak sampai akhir!

Apa Itu Engagement Rate?

Engagement Rate adalah ukuran yang menilai tingkat keterlibatan dan interaksi pengguna terhadap konten di media sosial, terutama Instagram. Ini merupakan indikator penting dalam Digital Marketing untuk mengevaluasi kinerja konten berdasarkan jumlah pengikutnya.

Tingkat Keterlibatan pada Instagram mencerminkan seberapa aktifnya pengikut dalam berinteraksi dengan suatu postingan melalui like, komentar, dan share.

Dengan menghitung Tingkat Keterlibatan, Anda dapat menilai seberapa efektif konten Anda dalam menarik perhatian dan melibatkan audiens, serta memahami sejauh mana strategi pemasaran yang Anda terapkan berhasil.

Baca juga:   Cara Menghapus Ulasan Orang Lain di Google

Faktor yang Mempengaruhi Engagement Rate

Berbagai faktor dapat memengaruhi Tingkat Keterlibatan Instagram, termasuk like, komentar, share, mention, DM, dan lainnya. Semakin banyak interaksi ini, semakin tinggi Tingkat Keterlibatan-nya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Engagement Rate Instagram antara lain:

  • Komentar
  • Share
  • Like
  • Save
  • Mention
  • Penggunaan Hashtag
  • Click-through
  • Direct Message
  • Akun yang terlibat

Penting untuk mengukur Tingkat Keterlibatan secara berkala guna memahami kinerja konten di media sosial dan mengidentifikasi strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

Kenapa Penting Mengetahui Engagement Rate?

Tingkat Keterlibatan adalah penilaian jujur tentang kualitas konten Anda. Jumlah pengikut dan tingkat engagement yang Anda dapatkan menentukan seberapa baik konten Anda.

Misalnya, sebuah brand mungkin memiliki jutaan pengikut, tapi hanya sedikit interaksi per postingannya. Ini menandakan bahwa konten yang dibagikan mungkin tidak berkualitas tinggi. Di sisi lain, akun dengan pengikut yang lebih sedikit namun lebih banyak interaksi, cenderung memiliki Tingkat Keterlibatan yang lebih tinggi.

Baca juga:   Esensi Brand: Mengapa Penting Bagi Kesuksesan Bisnis?

Tingkat Keterlibatan juga dapat menunjukkan ketidakcocokan antara konten dan audiens Anda. Jika Tingkat Keterlibatan rendah, mungkin konten yang Anda bagikan tidak sesuai dengan karakter target audiens Anda.

Maka dari itu, menghitung Tingkat Keterlibatan penting untuk mengevaluasi efektivitas konten Anda dan memahami seberapa relevan konten tersebut dengan pengikut Anda.

Cara Menghitung Engagement-Rate Post Instagram

Untuk menghitung Engagement-Rate sebuah postingan di Instagram, perhatikan jumlah interaksi dan jumlah pengikut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan akun Instagram Anda adalah akun bisnis.
  2. Pilih postingan yang ingin Anda cek.
  3. Catat jumlah komentar dan likes pada postingan.
  4. Gunakan rumus berikut:
    Engagement Rate = (Likes + Comments) ÷ Followers x 100

Contoh: Postingan Anda memiliki 1000 likes, 50 comments, dan jumlah followers 20.000.

(1000 + 50) ÷ 20.000 = 1050 ÷ 20.000 = 0,0525 x 100 = 5,25.

Artinya, Tingkat Keterlibatan post Instagram Anda adalah 5,25%.

Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

Selain untuk setiap postingan, Anda juga bisa menghitung Tingkat Keterlibatan secara keseluruhan untuk akun Instagram Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka akun Instagram bisnis Anda.
  2. Klik menu “Professional Dashboard”.
  3. Pilih opsi “See all”.
  4. Pada bagian waktu, pilih opsi “Last 30 Days”.
  5. Gunakan rumus berikut:
    Engagement-Rate = Accounts Reached ÷ Account Engaged x 100

Misalnya, 25.000 ÷ 300.000 x 100 = 8,3.

Artinya, Tingkat Keterlibatan akun Instagram Anda adalah 8,3%.

Siap Tingkatkan Performa Konten Media Sosialmu?

Itulah cara menghitung Tingkat Keterlibatan Instagram yang dapat Anda terapkan untuk mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran Anda dan membangun hubungan yang kuat dengan pengikut Anda. Namun, perlu diingat bahwa menghitung Engagement Rate saja tidak cukup. Ada banyak alat lain yang dapat membantu Anda mengoptimalkan media sosial Anda dengan lebih baik.

Baca juga:   Cara Kompres JPG / Mengecilkan Ukuran File Foto
Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi