Influencer adalah: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

  1. Home
  2. »
  3. Media Sosial
  4. »
  5. Influencer adalah: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya
Influencer adalah_ Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Dalam era digital saat ini, istilah “influencer” telah menjadi begitu akrab di telinga masyarakat. Dalam konteks pemasaran digital, influencer memiliki peran yang sangat penting dalam memengaruhi opini dan perilaku pengikut mereka di platform media sosial. Artikel ini akan menjelaskan pengertian influencer, jenis-jenisnya berdasarkan jumlah pengikut dan media yang digunakan, serta memberikan beberapa contoh influencer di Indonesia.

Pengertian Influencer

Influencer (Pemberi Pengaruh) adalah seseorang yang memiliki jumlah pengikut yang besar di media sosial dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi opini, perilaku, dan keputusan pembelian pengikutnya. Mereka memiliki daya tarik yang kuat dan sering kali dianggap sebagai otoritas di bidang atau niche tertentu.

Jenis-Jenis Influencer

Jenis-Jenis Influencer

Berdasarkan Jumlah Pengikut

  1. Mikro
    Influencer mikro adalah individu yang memiliki jumlah pengikut sekitar 10 ribu atau kurang. Meskipun jumlah pengikutnya tidak sebesar Pemberi Pengaruh lain, kekuatan mereka terletak pada tingkat keterlibatan yang tinggi dengan pengikut mereka. Mereka cenderung memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pengikut dan mampu membuat konten yang lebih relevan.
  2. Makro
    Influencer makro memiliki jumlah pengikut lebih dari 100 ribu. Mereka sering kali dikenal luas dalam industri tertentu, meskipun belum mencapai tingkat ketenaran selebritis. Dengan jumlah pengikut yang besar, mereka memiliki potensi untuk mencapai audiens yang lebih luas dan membuat produk terlihat eksklusif.
  3. Premium
    Influencer premium adalah Pemberi Pengaruh teratas dengan jumlah pengikut terbanyak, biasanya dalam jutaan. Meskipun persentase pembelian produk dari rekomendasi mereka mungkin tidak sebesar Pemberi Pengaruh lain, namun jangkauan pesan yang mereka miliki sangat luas.
Baca juga:   Strategi SEO Meta Tag dalam Meningkatkan Peringkat Website

Berdasarkan Media yang Digunakan

  • Selebgram
    Selebgram atau selebritis Instagram adalah public figure yang menggunakan platform Instagram sebagai media utama untuk berinteraksi dengan pengikut mereka dan mempromosikan produk. Mereka memanfaatkan kepopuleran mereka untuk bekerja sama dengan merek dalam melakukan promosi.
  • YouTuber
    YouTuber adalah individu yang mengunggah konten video ke platform YouTube. Mereka memiliki pengikut yang besar dan sering kali menjadi sumber informasi utama bagi banyak orang. Bekerja sama dengan YouTuber dapat memberikan eksposur yang besar bagi sebuah produk.
  • Blogger
    Blogger adalah individu yang mengelola blog dan sering kali menggunakan platform tersebut untuk melakukan review produk. Ketika seorang blogger merekomendasikan suatu produk, hal itu dapat mempengaruhi pembaca mereka untuk mencoba produk tersebut.
Baca juga:   KPI (Key Performance Indicator): Pengertian, Jenis dan Contoh

Contoh Pemberi Pengaruh di Indonesia

Contoh Pemberi Pengaruh di Indonesia

Beberapa contoh Pemberi Pengaruh di Indonesia meliputi:

  1. Selebgram: Rachel Vennya, Awkarin, Fadil Jaidi.
  2. YouTuber: Raditya Dika, Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Ria Ricis.
  3. Blogger: Sonia Eryka, Julia Marius (anakjajan.com).

Kesimpulan

Influencer memiliki peran yang sangat penting dalam pemasaran digital saat ini. Dengan kemampuan mereka untuk memengaruhi opini dan perilaku pengikut mereka, Pemberi Pengaruh dapat menjadi aset berharga bagi merek dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran merek. Dengan pemahaman tentang jenis-jenis influencer dan contohnya, perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai target audiens mereka.

Baca juga:   Customer Acquisition Cost: Pengertian dan Cara Menghitungnya
Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi