5 Strategi Digital Marketing yang Ampuh saat Ramadan

  1. Home
  2. »
  3. Media Sosial
  4. »
  5. 5 Strategi Digital Marketing yang Ampuh saat Ramadan

Memahami alur digital marketing saat bulan Ramadan merupakan hal yang penting agar Anda dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Terlebih, bulan Ramadan identik dengan saat dimana orang muslim banyak berbelanja, mulai dari baju, makanan, parsel, dan masih banyak lagi. Sehingga hal ini merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan banyak konsumen lewat digital marketing. Berikut ini merupakan beberapa strategi digital marketing saat Ramadan yang ampuh untuk mengoptimalkan pendapatan Anda.

 

Strategi Digital Marketing saat Ramadan

1. Kenali audiens Anda selama Ramadan

Perilaku konsumen dapat berubah selama bulan Ramadan. Sehingga pastikan Anda mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen Anda. Sebagai contoh, melansir data dari Google, di awal bulan Ramadan, pencarian terhadap “resep” akan meningkat hingga 50% dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Sehingga, memberikan konten yang berkaitan dengan resep-resep makanan atau minuman untuk sahur maupun berbuka puasa ketika bulan Ramadan dapat meningkatkan kesuksesan dari campaign Anda.

Baca juga:   5 Tips Membuat Iklan Ramadan yang Menarik

2. Tentukan waktu yang tepat

Penting untuk menentukan waktu yang tepat bagi Anda dalam melakukan digital campaign selama bulan Ramadan. Anda harus mengatur ulang waktu kampanye iklan atau pemasaran saat bulan Ramadan. Hal ini dilakukan untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi. Misalnya saat sahur atau sebelum berbuka puasa kebanyakan orang akan memegang handphone. Kondisi ini membuat waktu itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan kampanye iklan atau pemasaran produk Anda. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menganalisis traffic kampanye Anda selama bulan Ramadan. Apabila traffic-nya meningkat di waktu tertentu,  Anda harus memilih waktu itu untuk melakukan campaign.

3. Fokus membuat topik konten tentang Ramadan

Selama bulan Ramadan, konten yang Anda sajikan kepada konsumen tentu harus relevan dengan bulan Ramadan. Hal ini penting agar mereka semakin tertarik untuk melihat produk yang Anda jual. Anda bisa membuat konten apa saja terkait bulan Ramadan seperti rekomendasi menu sahur dan berbuka, konten fakta menarik seputar bulan Ramadan, rekomendasi outfit lebaran,  dan lain sebagainya. Dengan melakukan strategi seperti ini, tentu akan terjalin hubungan antara Anda dengan konsumen sehingga dapat meningkatkan interaksi.

Baca juga:   Perbedaan Reach dan Impression, Apa yang Harus Anda Pilih?

4. Fokus pemasaran lewat video

Fokus pemasaran lewat video saat bulan Ramadan adalah salah satu strategi digital marketing yang bagus untuk dilakukan demi meraih interaksi audiens yang tinggi. Ada baiknya Anda membuat campaign video lewat TikTok dan Youtube karena kedua platform tersebut paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Dengan demikian, orang-orang akan banyak melihat video pemasaran yang memperlihatkan produk Anda. Selain itu, kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi konten berupa video daripada konten yang menampilkan banyak tulisan sehingga fokus pemasaran lewat video adalah salah satu yang tepat digunakan untuk mengoptimalkan digital marketing saat bulan Ramadan.

Baca juga:   Waktu Terbaik untuk Promosi Online saat Ramadhan

5. Tawarkan diskon pada produk

Tips lainnya untuk memaksimalkan campaign digital marketing Anda saat bulan Ramadan adalah dengan mencoba menawarkan diskon kepada produk yang Anda jual. Hal ini sangatlah penting karena di bulan Ramadan akan banyak sekali kompetitor Anda yang menawarkan diskon lebih besar dan signifikan sehingga Anda tidak boleh kalah terhadap kompetitor. Dengan banyaknya diskon yang tersebar, konsumen akan memilih diskon yang terbaik dan cocok untuk mereka. Hal ini membuat Anda harus pintar dalam menyusun penawaran diskon yang semenarik mungkin agar konsumen memilih produk yang Anda jual.

Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi