Cara Cepat Membuat Struktur Organisasi Dengan Microsoft Word

  1. Home
  2. »
  3. Tutorial
  4. »
  5. Cara Cepat Membuat Struktur Organisasi Dengan Microsoft Word
Cara Cepat Membuat Struktur Organisasi Dengan Microsoft Word

Jika Anda ingin membuat struktur organisasi dengan rapi dan cepat menggunakan Microsoft Word, berikut adalah beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan: Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint untuk membuat struktur organisasi.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Ms.Word

Untuk cara membuat struktur organisasi dengan Microsoft Office Word, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut menggunakan fitur Grafik SmartArt:

  1. Buka file di Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint.
  2. Pilih tab ‘Sisipkan’ atau ‘Insert’.
  3. Di grup ‘Ilustrasi’ atau ‘Illustrations’, klik ‘SmartArt’.
  4. Pilih Grafik SmartArt yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya, Anda dapat memilih ‘Bagan
  5. Organisasi’ atau ‘Organization Chart’ untuk membuat struktur organisasi.
  6. Setelah memilih jenis Grafik SmartArt, klik ‘OK’.
  7. Klik dalam kotak di Grafik SmartArt dan isi teks yang diinginkan untuk mewakili setiap posisi atau unit dalam struktur organisasi.
  8. Sesuaikan ukuran dan tampilan struktur organisasi sesuai preferensi Anda dengan menyesuaikan posisi dan ukuran kotak, serta mengatur hubungan antar kotak untuk mencerminkan hierarki atau aliran dalam organisasi.
Baca juga:   Cara Melihat Impression di IG (Instagram)

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat struktur organisasi yang jelas dan terorganisir dengan baik menggunakan fitur Grafik SmartArt dalam Microsoft Office.

Struktur Organisasi Perusahaan Apa Saja?

Berikut adalah beberapa tipe struktur organisasi yang sering digunakan oleh perusahaan:

Struktur Organisasi Perusahaan Apa Saja

  • Struktur Fungsional: Dalam struktur ini, pembagian kerja didasarkan pada tugas manajemen seperti keuangan, sumber daya manusia, penciptaan, dan pemasaran. Pegawai dengan keahlian dan tugas yang sama dikelompokkan dalam satu unit kerja.
  • Struktur Divisional: Pembagian kerja dilakukan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar, atau lokasi geografis. Perusahaan biasanya membagi organisasinya menjadi divisi yang lebih kecil, dengan tantangan utama pada alokasi sumber daya dan distribusi biaya.
  • Struktur Matriks: Struktur ini merupakan gabungan dari struktur fungsional dan divisional dengan tujuan menutupi kekurangan masing-masing. Biasanya digunakan oleh perusahaan berskala besar seperti perusahaan multinasional. Kelebihannya adalah kemudahan dalam pengambilan keputusan, namun kelemahannya adalah struktur yang kompleks dan potensi timbulnya dualisme kepemimpinan.
  • Struktur Komite: Tugas-tugas dikerjakan secara kolektif oleh beberapa orang, termasuk tugas kepemimpinan. Keunggulan dari struktur ini adalah kemampuan untuk mengambil keputusan melalui musyawarah antara pemegang saham dan dewan. Namun, kelemahannya adalah kemungkinan tidak ada yang bertanggung jawab saat terjadi masalah.
  • Struktur Tim Kerja: Struktur ini bersifat temporer dan dibentuk sewaktu-waktu untuk menangani proyek yang bersifat tiba-tiba atau tidak terduga. Tim kerja terdiri dari karyawan atau tenaga kerja profesional yang dipilih untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi perusahaan.
Baca juga:   Prompt AI Bing untuk Buat Gambar di Image Creator

Kesimpulan

Dengan memahami cara menggunakan fitur Grafik SmartArt dan memilih struktur organisasi yang sesuai, Anda dapat membuat struktur organisasi perusahaan dengan efisien menggunakan Microsoft Office.

Contoh struktur organisasi perusahaan meliputi direksi, manajer, departemen atau divisi, administrasi, dan gudang. Setiap struktur memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga pemilihan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan menjadi penting untuk kesuksesan dan efisiensi operasionalnya.

Baca juga:   Hosting untuk Pemula: 5 Cara Memilih Hosting Terbaik
Artikel Terkait
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi