Pelanggan Potensial adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkan!

  1. Home
  2. »
  3. Bisnis
  4. »
  5. Pelanggan Potensial adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkan!
Pelanggan Potensial adalah_ Pengertian dan Cara Mendapatkan!

Dalam dunia bisnis, menggondol pelanggan potensial merupakan seni strategis yang menghasilkan keuntungan berharga bagi pertumbuhan perusahaan. Perumusan metode untuk mencapainya menjadi ritual yang tak terelakkan demi meningkatkan penjualan.

Bagi mereka yang baru memasuki arena bisnis, mencapai pelanggan potensial tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Prosesnya membutuhkan dedikasi dan ketelatenan yang tak kenal lelah.

Ketika kualitas produk atau jasa yang ditawarkan mencapai standar tinggi dan pelayanan memukau, pintu menuju potential customer terbuka lebih lebar.

Namun, bagaimana kita seharusnya mendekati para pelanggan potensial? Mari kita telaah strategi mendapatkan potential customer hingga tuntas.

Apa Itu Pelanggan Potensial?

Pelanggan potensial (potential customer) adalah entitas yang memiliki potensi besar untuk menjadi konsumen setia produk atau layanan bisnis. Mereka memiliki keinginan besar untuk menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan, meskipun beberapa mungkin belum siap secara finansial untuk melibatkan diri.

Identifikasi potential customer menjadi elemen kunci dalam strategi pemasaran. Proses ini memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan upaya pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Pengumpulan dan analisis data perilaku, preferensi, dan kebutuhan pelanggan memberikan landasan yang kuat untuk menyusun pesan pemasaran yang menarik bagi mereka.

Baca juga:   IPTEK adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Perkembangannya!

Ciri-Ciri Pelanggan Potensial

Ciri-Ciri Pelanggan Potensial

Pelanggan potensial cenderung mengajukan pertanyaan mendalam dan dengan seksama mendengarkan penjelasan. Kesediaan mereka untuk bertanya mencerminkan minat mereka untuk memastikan produk atau layanan bisnis benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.

Pemahaman yang Mendalam Pelanggan potensial umumnya sudah memiliki pemahaman yang matang tentang produk bisnis. Informasi yang telah mereka peroleh sebelumnya membentuk dasar pertanyaan lebih rinci kepada tim penjualan atau bahkan bisa langsung menuju ke tahap pembelian.

Keputusan yang Matang Sebelum memutuskan untuk membeli, mereka melakukan pertimbangan yang matang terkait produk atau layanan bisnis. Langkah ini menunjukkan tingkat ketertarikan yang tinggi dan kemungkinan besar akan berujung pada penggunaan produk atau layanan tersebut.

Negosiasi Harga Cermat Pada umumnya, potential customer terlibat dalam negosiasi harga dengan cermat. Inisiatif ini menandakan ketertarikan mereka yang mendalam terhadap produk atau layanan. Keputusan akhir seringkali terkait dengan kesesuaian harga.

Baca juga:   Key Opinion Leader: Siapa itu KOL dalam Digital Marketing?

Siapa Saja yang Termasuk Potential Customer?

Siapa Saja yang Termasuk Potential Customer

Pelanggan potensial mencakup individu atau kelompok yang menunjukkan minat atau kecenderungan untuk menjadi konsumen produk atau layanan perusahaan. Kategori ini melibatkan mereka yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan, tetapi menunjukkan minat melalui kunjungan situs web, pengisian formulir pendaftaran, interaksi dengan konten pemasaran di media sosial, atau berlangganan newsletter.

Selain itu, potential customer juga bisa mencakup mereka yang pernah bertransaksi sebelumnya, namun belum membangun loyalitas. Ini juga melibatkan individu atau kelompok yang sebelumnya menunjukkan minat pada produk atau layanan serupa dari pesaing perusahaan.

Dengan menganalisis perilaku dan kebutuhan, perusahaan dapat mengidentifikasi calon pelanggan yang sedang beralih dari pesaing untuk menjadi potential customer. Ini juga mencakup mereka yang telah menyatakan minat atau kebutuhan tertentu yang dapat dipenuhi oleh produk atau layanan perusahaan.

Cara Mendapatkan Pelanggan Potensial dengan Tepat

Cara Mendapatkan Pelanggan Potensial dengan Tepat

1. Identifikasi Produk Bisnis

Mulailah dengan mengidentifikasi dengan jelas keunggulan, manfaat, penggunaan, dan target penjualan produk bisnismu. Ini membentuk landasan untuk menyasar pelanggan yang memiliki potensi tinggi untuk bertransaksi.

Baca juga:   Digital Divide: Memahami Perbedaan Akses Teknologi di Era Digital

2. Kenali Kompetitor

Tidak hanya mengenali produk bisnis, tetapi juga selidiki produk dari pesaing. Perbandingan antara kelebihan dan kekurangan produkmu dengan mereka dapat memberikan pandangan yang berharga. Terapkan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi) untuk memodifikasi strategi bisnismu.

3. Promosi Penjualan yang Efektif

Bentuk promosi penjualan yang sesuai dengan target pelanggan. Sesuaikan bahasa dan gaya promosi dengan karakter pelanggan, misalnya menggunakan bahasa yang lebih kasual dan sesuai tren anak muda untuk menarik pelanggan yang lebih muda.

4. Manfaatkan Media Sosial

Optimalkan kehadiran di media sosial untuk menjangkau pelanggan potensial. Integrasi media sosial menjadi keputusan strategis untuk meningkatkan penjualan. Barantum CRM dapat mempermudah manajemen pesan pelanggan melalui berbagai platform.

5. Ikuti Event atau Pameran Produk

Kehadiran dalam event atau pameran produk adalah metode promosi yang efektif. Pilih kegiatan yang sesuai dengan produk dan target pelanggan. Ini akan membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi