Relationship Manager: Arti, Tugas, Job Desc, dan Kualifikasi

  1. Home
  2. »
  3. Bisnis
  4. »
  5. Relationship Manager: Arti, Tugas, Job Desc, dan Kualifikasi

Teroopong – Bagi mereka yang tertarik terjun ke dunia Sales, menjadi seorang Relationship manager adalah salah satu opsi karier yang menarik. Peran ini hampir diperlukan oleh semua perusahaan dan lembaga keuangan besar. Tanpanya, reputasi perusahaan bisa terkena dampak negatif di mata masyarakat dan pelanggan setianya. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan profesi Relationship manager? Apa tanggung jawab dan kualifikasi yang dibutuhkan? Yuk, mari kita lihat penjelasannya secara lengkap dalam rangkuman berikut.

Apa itu Relationship Manager

Relationship Manager adalah individu yang bertanggung jawab atas mengelola dan memperluas portofolio klien atau nasabah perusahaan. Mereka berperan sebagai penghubung utama antara perusahaan dengan pelanggan atau klien, dengan fokus pada membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Nah, salah satu tugas beberapa manajer hubungan adalah fokus pada pelayanan pelanggan dan merancang rencana penjualan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Peran profesi Relationship Manager bertujuan memastikan kontinuitas perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Bagi Relationship Manager yang telah berpengalaman, mereka sering diminta oleh perusahaan untuk berinteraksi langsung dengan klien dan pelanggan.

Tugas Relationship Manager ini adalah membangun hubungan yang kuat dengan kedua belah pihak dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi dengan baik.

Tugas dan Deskripsi Pekerjaan Relationship Manager

Pada dasarnya, peran seorang Relationship Manager adalah menjaga reputasi perusahaan.

Baca juga:   Afiliasi adalah: Definisi, Cara Kerja dan Keuntungan Affiliate

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian besar perusahaan mencari kandidat yang memiliki kemampuan networking yang kuat untuk mengisi posisi ini.

Hal ini disebabkan karena tugas manajer hubungan sangat terkait dengan menjaga aliran komunikasi antara perusahaan dengan klien dan pelanggan mereka.

Mereka juga bertanggung jawab dalam mencari peluang bisnis baru, memberikan konsultasi yang baik kepada klien, menangani keluhan pelanggan, dan memastikan kepuasan klien terjaga.

Berikut adalah beberapa tugas lain yang menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari seorang manajer hubungan.

1. Membangun dan Mempelihara Hubungan Pelanggan:

Salah satu tugas utama seorang Relationship Manager adalah membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan klien atau pelanggan perusahaan. Ini melibatkan komunikasi teratur, kunjungan, dan upaya lainnya untuk memastikan kebutuhan dan kepuasan pelanggan terpenuhi.

2. Memahami Kebutuhan Pelanggan:

Seorang RM harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Ini melibatkan mendengarkan dengan seksama, menganalisis data, dan mengevaluasi umpan balik pelanggan untuk menyediakan solusi yang sesuai.

3. Menyediakan Solusi yang Tepat:

Berdasarkan pemahaman mereka tentang kebutuhan pelanggan, seorang RM bertanggung jawab untuk menawarkan solusi yang sesuai. Ini dapat meliputi produk atau layanan tambahan, rekomendasi investasi, atau strategi lain yang dapat meningkatkan nilai bagi pelanggan.

Baca juga:   Training Marketing: Pengertian, Manfaat dan Tujuan Utama

4. Mengelola Portofolio Klien:

Seorang RM harus dapat mengelola portofolio klien mereka dengan efektif. Ini melibatkan pemantauan kinerja keuangan klien, identifikasi peluang pertumbuhan, dan mitigasi risiko yang terkait dengan portofolio tersebut.

5. Mencari Peluang Bisnis Baru:

Selain memelihara hubungan dengan klien yang ada, seorang RM juga bertanggung jawab untuk mencari peluang bisnis baru. Mereka dapat melakukan ini dengan mengidentifikasi prospek potensial, mengembangkan strategi pemasaran, dan menjalin hubungan dengan calon klien.

Deskripsi Pekerjaan Relationship Manager:

  • Gelar sarjana dalam bidang terkait seperti bisnis, keuangan, atau pemasaran sering kali diperlukan.
  • Pengalaman kerja di bidang penjualan atau layanan pelanggan dihargai.
  • Kemampuan komunikasi yang kuat, baik secara lisan maupun tertulis.
  • Kemampuan analitis yang baik untuk menganalisis data pelanggan dan tren pasar.
  • Keterampilan manajemen waktu yang baik untuk mengelola portofolio klien dengan efisien.
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan sebagai bagian dari tim.

Strategi Untuk Meningkatkan Efektivitas Key Performance Indicators

Setelah memahami deskripsi pekerjaannya, jelas bahwa menjadi seorang Relationship Manager adalah sebuah profesi yang tidak boleh diremehkan.

Baca juga:   Moodle adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

Tugas mereka untuk mengelola hubungan dengan klien dan pelanggan tidak boleh dianggap enteng.

Tanpa pengetahuan dan keterampilan yang tepat, seorang Relationship Manager tidak akan mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal.

Nah, berikut adalah beberapa kualifikasi dan keahlian yang diperlukan jika Anda ingin menjadi seorang Relationship Manager, sebagaimana dipaparkan oleh Ziprecruiter:

  • Kemampuan untuk membangun, merawat, dan memelihara hubungan profesional yang solid.
  • Pengetahuan yang luas tentang layanan pelanggan dan sistem CRM (Customer Relationship Management).
  • Keterampilan komunikasi interpersonal yang luar biasa.
  • Kemampuan analitis dan penelitian yang tajam.
  • Pemahaman yang mendalam tentang praktik terbaik dalam manajemen hubungan.
  • Keterampilan dalam pemecahan masalah dan penyelesaian konflik.
  • Kesediaan untuk terus mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang industri dan layanan terkait.
  • Gelar sarjana dalam bidang studi seperti bisnis, pemasaran, manajemen, atau bidang terkait lainnya seperti komunikasi.
  • Pengalaman yang cukup dalam peran penjualan atau layanan pelanggan.
  • Sifat yang ramah dan berorientasi pada pelanggan.

Seorang Relationship Manager memiliki peran kunci dalam memastikan keberhasilan sebuah perusahaan dengan membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan memahami tugas dan deskripsi pekerjaan yang melekat pada peran ini, individu dapat berhasil dalam karier sebagai seorang Relationship Manager,

 

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi