Moodle adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

  1. Home
  2. »
  3. Pengertian
  4. »
  5. Moodle adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan
Moodle adalah Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

Teroopong – Dalam era digital ini, Moodle telah menjadi salah satu platform yang tak tergantikan dalam dunia pembelajaran online. Namun, seberapa dalam pengetahuan Anda tentang Moodle? Mari kita telaah bersama pengertian, sejarah, fungsi, fitur, kelebihan, dan perbedaan varian Moddle yang tersedia.

Pengertian Moodle

Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Ini adalah platform yang digunakan untuk sistem manajemen pembelajaran secara online dan menggunakan perangkat komputer. Moddle memungkinkan pengguna untuk menciptakan aplikasi pembelajaran seperti e-learning dengan menggunakan tampilan website melalui browser.

Sejarah dan Fungsi Moodle

Moddle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dougiamas saat sedang menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Teknologi Curtin, Australia. Pada tahun 2002, versi 1.0 dari Moddle dirilis, dan platform ini berkembang pesat sejak itu.

Baca juga:   Cara Kompres Gambar Terbaik untuk Compress Foto Online

Moddle berfungsi untuk memudahkan pembuatan sistem aplikasi manajemen pembelajaran online berbasis web. Ini digunakan untuk model pembelajaran jarak jauh atau daring, yang dapat diakses oleh guru, murid, dan pemangku kepentingan dalam pendidikan.

Fitur Moddle

  1. Personalized Dashboard: Dashboard Moddle menampilkan informasi penting seperti daftar khusus, kalender, pengumuman, dan daftar pengguna aktif. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan dashboard sesuai dengan hak akses yang mereka miliki.
  2. Progress Tracking: Fitur ini memungkinkan pengawasan dan evaluasi terhadap aktivitas pembelajaran. Ini termasuk penyelesaian kursus, penilaian, pemberian badge, penyelesaian aktivitas, dan pemeringkatan kompetensi.
  3. File Management: Moddle memungkinkan pengguna untuk menambahkan dan mengelola file-file terkait materi pelajaran, baik secara manual maupun otomatis.
  4. Peer Assessment: Fitur ini memungkinkan pengajar untuk meminta peserta untuk memberikan penilaian kepada sesama peserta, meningkatkan keterlibatan dan responsibilitas.
  5. Inline Feedback: Moddle memungkinkan pengajar untuk memberikan umpan balik langsung pada hasil belajar peserta, termasuk file dokumen yang diunggah.
  6. Multimedia Integration: Moddle terintegrasi dengan berbagai jenis media seperti audio, video, dan gambar, serta mendukung embed video dari platform seperti YouTube dan Vimeo.
Baca juga:   Apa Itu 404 Not Found, Penyebab dan Solusinya

Kelebihan

  • Open Source: Moddle adalah platform open-source yang gratis untuk diunduh dan diakses.
  • Fleksibel dan Mudah Digunakan: Moddle mendukung berbagai skala pembelajaran dan memiliki antarmuka yang intuitif.
  • Aman dan Terintegrasi: Moddle menawarkan sistem keamanan yang baik dan integrasi dengan berbagai alat kolaborasi eksternal.
  • Dukungan Plugin dan Dapat Dikustomisasi: Moddle memiliki dukungan plugin yang luas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Mobile Friendly: Moddle mendukung tampilan responsif pada perangkat mobile dan berbagai browser.
Baca juga:   Kompatibel adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Perbedaan Moodle.com, Moodle.org, dan MoodleCloud.com

  1. Moodle.com: Produk komersial dari Moddle HQ, digunakan untuk informasi tentang layanan komersial dan mitra.
  2. Moodle.org: Website komunitas dan sumber daya bagi pengguna Moddle, termasuk unduhan source code dan plugin.
  3. MoodleCloud.com: Portal web gratis untuk membuat portal pembelajaran online, dikembangkan oleh Moddle HQ.

Kesimpulan

Moodle adalah platform e-learning yang kuat dan fleksibel, dengan fitur yang mendukung berbagai jenis pembelajaran online. Kelebihannya meliputi fleksibilitas, dukungan plugin, dan responsif terhadap perangkat mobile. Terdapat perbedaan antara variasi Moddle yang tersedia, seperti Moodle.com, Moodle.org, dan MoodleCloud.com, yang menawarkan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Artikel Terkait dan
Bisnis Hebat Dimulai dari Sini!

Isi Formulir Sekarang untuk Layanan Website, Branding, dan Medsos yang Profesional.

Daftar Isi